Dampak Kebiasaan Menulis Informal Terhadap Kesalahan Penulisan Makalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Tahun Pertama

Fina Meilinar, Hijrah Purnama Sari Ariga, Muhammad Diah, Suci Hafizah, Wahidayati Wahidayati, Ainiya Rizkiya

Abstract


Makalah merupakan salah satu jenis Karya Tulis Ilmiah yang paling sering disusun oleh mahasiswa sebagai tugas perkuliahan. Adapun dalam pengerjaan makalah sering kali dijumpai kesalahan-kesalahan penulisan yang dilakukan mahasiswa, khusunya penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak kebiasaan menulis informal terhadap kesalahan penulisan makalah mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Almuslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis dokumen berupa makalah mahasiswa pada mata kuliah Keterampilan Menulis Dasar. Survei dilakukan oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia semester dua Angkatan 2024 Universitas Almuslim, dengan partisipasi sekitar 12 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 157 kesalahan yang ditemukan, kesalahan paling dominan adalah kelebihan dan kekurangan kata (61 kasus), diikuti kesalahan penggunaan istilah asing yang tidak dicetak miring atau ditebalkan, serta kesalahan tanda baca dan huruf kapital. Selain itu, ditemukan kesalahan struktur makalah seperti penggunaan font yang tidak sesuai, susunan daftar pustaka yang tidak alfabetis, dan rumusan masalah yang kurang lengkap. Temuan ini mengindikasikan bahwa kebiasaan menulis informal mempengaruhi penurunan kualitas penulisan akademik mahasiswa. Sehingga, diperlukan pembinaan literasi akademik sejak dini guna meningkatkan pemahaman terhadap kaidah penulisan ilmiah dan penggunaan Bahasa Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)


References


Andi., Nurfaizah. 2022. Analisis Kesalahan Penulisan Mahasiswa dalam Makalah Akademik. Banda Aceh: Pustaka Akademika.

Ilmanun, L., Devianty, R. 2024. Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Makalah Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(3) 216-223.

https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.645.

Jannah, Y. M. 2021. Teknik Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Literasi Nusantara.

Kadarwati, D. 2024. Metode Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Lhokseumawe: Eduprima.

Kadarwati, D., et all. 2024. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Makalah Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2621-2628, https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1406.

Kahasanah, L., et all. 2021. Kesulitan Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(2), 45-52. https://doi.org/10.1234/jpb.v5i2.123.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. Makalah. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id tanggal 15 Mei 2025.

Natasya, A.T. et all. 2024. Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia pada Jurnal Ilmiah. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(2), 1-15, https://doi.org/10.6734/argopuro.v2i2.3009.

Nurfaizah, A. 2022. Pentingnya Kaidah Bahasa Indonesia dalam Penulisan Ilmiah Mahasiswa. Medan: Pustaka Cendekia.

Putri, C.D., et all. 2024. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Makalah “Proposal Bahasa Indonesia”. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan , 2(3), 64-72, https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.679.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v5i2.4867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING