Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Media Crossword Puzzle terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif

Desi Dwi Sartika, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble dengan media crossword puzzle terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Motivasi belajar merupakan proses yang memberi semangat belajar, dorongan, dan perubahan tingkah laku dalam belajar. Hasil belajar merupakan skor yang menunjukkan tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan selama sekitar satu bulan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi berjumlah 60 siswa, sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah 20 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa pretest-posttest berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan instrumen non tes berupa angket motivasi belajar yang meliputi delapan indikator motivasi belajar yang terdiri dari 20 soal. Data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data pada motivasi belajar diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2,56 ≥ 2,02, sehingga hasil pengujian hipotesis dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada hasil belajar kognitif siswa biologi diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 16,58 ≥ 2,02, sehingga hasil pengujian hipotesis dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scramble dengan media crossword puzzle terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa.


Keywords


Crossword Puzzle; Hasil Belajar Kognitif; Motivasi Belajar; Scramble

Full Text:

PDF

References


Akbar, M.N., Arbi, N.A., & Mustaqim. (2018). Application of crossword puzzles to increase student’s learning outcome on motion system material of biology. International Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(5), 178-183.

Arieska, P.K. & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika, 6(2). 166-171. https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p

Arofah, S.J.N. & Efendi, M. (2015). Cross-game puzzle media for learning english of deaf students. Jurnal P3LB, 2(1), 39-43.

Bailang, I. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Sains, Matematika & Edukasi, 5(2), 132.

Hadi, R., Syafruddin, D., & Wahyuni, F.R.E. (2017). Pengaruh model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa materi kingdom animalia di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sintang. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 26-31.

Hafsah, N. (2017). Perbandingan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dan Metode Make-A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Takalar [Tesis]. UIN Alauddin Makassar.

Hasan, A.M., (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi. UNG Press.

Huda, M. (2018). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama RI. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI. Dharma Art.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Marzuki & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics, 13(2), 172-181. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12740

Mukrimah, S.S. (2014). 53 metode belajar dan pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islam. Perdana Mulya Sarana.

Parinding, M. & Lumbu, A, (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap minat dan hasil belajar biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manokwari. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-38. https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.354

Rosady, F. (2017). Pengaruh model pembelajaran teams game tournament (TGT) berbasis teka-teki silang terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan di SMP N 2 Kelam Permai. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 9-17.

Sinaga, I.L.A., Sinambela, M., & Rosida. (2017). Hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar biologi pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2), 1-8.

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.7543

Somartono & Normalina. (2015). Motivasi dan hasil belajar dalam siswa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 84-91.

Syafaruddin, Asrul, & Mesiono. (2016). Inovasi pendidikan: Suatu analisis terhadap kebijakan baru pendidikan. Perdana Publishing.

Tanjung, I.F. (2016). Guru dan strategi inkuiri dalam pembelajaran biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 64-82.

Tanjung, I.F. (2018). Strategi pembelajaran biologi. Widya Puspita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v4i1.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :