MISKONSEPSI MATERI BIOLOGI SMA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA

Nafisha Vebiola Irani, Zulyusri Zulyusri, Rahmawati Darussyamsu

Abstract


Miskonsepsi merupakan konsep-konsep yang tidak relevan dengan pemahaman ilmiah yang diterima oleh para ahli di bidang yang bersangkutan dan dapat menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam memahami suatu materi. Rata-rata semua buku Biologi yang digunakan sebagai sumber belajar oleh guru dan siswa di berbagai SMA memiliki miskonsepsi dengan persentase yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil analisis miskonsepsi buku Biologi dari 10 artikel dan prosiding yang direduksi dari 49 sumber relevan, serta hubungannya dengan pemahaman materi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta-analisis dengan metode penelitian literatur reviewmelalui studi pustaka dengan menggunakan beberapa sumber data seperti artikel di jurnal elektronik dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua buku Biologi SMA yang diteliti oleh peneliti dalam artikel sumber memiliki miskonsepsi yang cenderung menyebabkan pengetahuan siswa menjadi tidak berkembang.


Keywords


Buku Biologi; Miskonsepsi; Pemahaman Siswa

Full Text:

PDF

References


A’yun, Q., Harjito & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2108-2117.

Agustina, R, Sipahutar, H & Harahap, F. (2016).Analisis Miskonsepsi pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2), 113-118.

Arsanti, M. (2018).Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo, 1(2), 71-90.

Astuti, L.S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 7(1), 40-48.

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya pada Siswa Kelas XI MIA SMAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Stoikiomteri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(2), 10-17.

Azulianingsih, V. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Teks Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(6), 435-440.

Chairunnisa, S. (2018). Analisis Miskonsepsi Sistem Pernapasan pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(4), 294-300.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dayanti, P., Sugiatno & Nursangaji, A. (2019). Miskonsepsi Siswa Dikaji dari Gaya Kognitif dalam Materi Jajargenjang di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Untan, 8(9), 1-9.

Duda, H.J., Wahyuni, R.E., & Setyawan A.E. (2020). Mengidentifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Konsep Bioteknologi Hewan. Bioeduscience, 4(1), 97-105.

Dwijayanti, A, Umniyaite, S & Rakhmawati, A. (2016). Analisis Miskonsepsi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(8), 32-42.

Faizah, K. (2016). Miskonsepsi dalam Pembealajaran IPA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam. 8(1), 115-128.

Fajriana, N, Abdullah & Safrida.(2016). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMAN di Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 60-65.

Fauziah, A., Darussyamsu, R., & Fitri, R. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Materi Dasar-Dasar Teori Evolusi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang. Bioeducation Journal, 3(1), 9-16.

Handoko, R & Sipahutar, H. (2016). Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan,. 4(1), 39-47.

Hajiyah, Harahap, P. (2018). Analisis Miskonsepsi Buku Pelajaran Biologi Kelas XII pada Materi Genetika di SMA Negeri Se-Kecamatan Medan Kota. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Medan, 12 Oktober 2018.

Khairaty, N.I., Taiyeh, A.M., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredarah Darah dengan Menggunakan Three-Tier In Class X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 7-13.

Muna, I.A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pgmi Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainly Of Response Index (CRI). Jurnal Cendekia, 13(2), 309-322.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugroho, F.A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(5), 13-21.

Pribadi, A.P. (2018). Analisis Miskonsepsi pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh dalam Buku Ajar Biologi SMA di Yogyakarta. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(2), 160-167.

Putra, I.E., Adlim & Halim, A. (2016). Analisis Miskonsepsi dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation Di SMAN Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 13-19.

Rahayu, B. (2016). Analisis Deskriptif Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Sistem Saraf Manusia Menggunakan Teknik Certainty Response Index. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. ISSN 2557-533X

Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Peserta didik di Perpustakaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung. Jurnal EduLib. 5(105), 102-113.

Ramadhan, N.A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (6), 37-45.

Ramadhani, R., Hasanuddin, M.D & Asiah. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1), 1-9.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Suranti, T., Suratsih, Henuhili, V. (2017). Miskonsepsi Materi Genetika dalam Buku Biologi SMA Kelas XII yang ditulis Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(2), 47-64.

Wamendikbud RI. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :