PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI SMA SWASTA MEDAN

Mhd. Rafi'i Ma'arif Tarigan, Ali Wardhana Manalu, Hotman Efendi Tanjung, Jadiwan Sari Saragih, Ainun Ula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI yang terdiri 2 kelas dengan jumlah 64 siswa dan sampel penelitian siswa kelas XI IPA1 yang terdiri dari 35 siswa, penentuan sampel dilakukan secara Random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh nilai yang tuntas adalah sebanyak 29 siswa (82,86%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (17,14%) dengan nilai rata-rata 77,8 dan standar deviasi 9,06. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung<Ltabel  atau 0,1269<0,1497 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas diperoleh Fhitung<Ftabel = 1,04<1,776 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung> ttabel atau 14,27>1,69 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di Kelas XI SMA Istiqlal Delitua Medan.


Keywords


Hasil Belajar; SMA Istiqlal Delitua Medan; Model Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2013). Buku Pedoman Guru Biologi Edisi Ke-4. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Adi Mahasatya.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mirasi, W. (2013). Comparing Guided Discovery and Exposition-with-Interaction Methods in Teaching Biology in Secondary Schools. Mediterranean Journal of Social Science, 4(14), 81-87.

Nisa, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tife Snowball Throwing dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi dan Oksidasi di Kelas X SMA Islam Terpadu Bangkinang Kabupaten Kampar Riau. Skripsi. Pekan baru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Nursyahra. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Snowball Throwing Disertai Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA N 2 Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Sumatera Barat: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Sartika, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan Terbimbing Terhadap Pengetahuan Biologi, Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Diponegoro Kisaran. Tesis. Medan: Pascasarjana Unimed.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sedanayasa. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbatuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus V. Kecamatan Sukasada. Skripsi: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tarigan, M.R.M., Binari, M., Sudibyo, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Ilmiah Biologi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI SMA Negeri 1 Sibolga. Tesis. Medan: Pascasarjana Unimed.

Tarigan, M.R.M., Purnama, A.D., Munir, M., & Azwar, E. (2019). Pengaruh Model Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek Univa Medan. Jurnal Biolokus, 2(1), 139-145.

William., & Mary. (2008). The Walls Speak: The Interplay of Quality Facilities, School Climate, and Student Achievement. Journal of Educational Administration, 46(1), 55-73.

Wirtha, I.M., & Rapi, N.K. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran dan Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Lembaga Pendidikan Undiksha, 1(2), 15-2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :