PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Nurhakima Ritonga, Halimah Sakdiah Boru Gultom, Rahmi Nazliah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diaplikasi dari siklus 1 dan berakhir pada siklus 2. Populasi pada penelitain ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkatan menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah sampel 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi untuk melihat keterampilan proses. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hasil belajar IPA dengan pendekan keterampilan proses dari 64,8 meningkat menjadi 81, 7. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses.

Keywords


Berpikir Kritis, Keterampilan Proses, Pembelajaran IPA.

Full Text:

pdf

References


Adnyani, I. W., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 56-67.

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394-403. http://dx.doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Azizirrahim, E., Sutrio, S., & Gunawan, G. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Siswa Kelas VIIA SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 272-275.

Deta, U. A., & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28-34.

Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13-20.

Lubis, Jalilah. A., dan Harahap, Risnawati. (2018). Penerapan Pendekatan Keterampilan proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran Biologi Siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Biolokus, Vol.1 (2) 101-108 . DOI http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.350

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 167-187.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1, 51-57.

Muslich. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, E. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Disertasi. Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas.. Jakarta: Prenada Media. Subadi, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI. IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 96-107..

Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391-399.

Wati, W., & Novianti, N. (2016). Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 131-140.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :