PROFIL KETERAMPILAN MENYUSUN SKENARIO PEMBELAJARAN MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN

Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti, Miza Nina Adlini, Khairuna Khairuna

Abstract


Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki seorang guru yaitu keterampilan menyusun skenario pembelajaran. Keterampilan ini mencakup bagaimana guru terampil dalam menyusun tahapan kegiatan pembelajaran, pemilihan media dan instrumen pembelajaran serta alokasi waktu untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tingkat keterampilan mahasiswa calon guru biologi yang menempuh perkuliahan di perguruan tinggi keagamaan dalam menyusun skenario pembelajaran biologi. Subjek penelitian merupakan mahasiswa Program Studi  Pendidikan Biologi yang sedang menempuh semester akhir. Sampel diambil melalui metode purposive sampling dengan kriteria mahasiswa tersebut telah menempuh mata kuliah Microteaching dan PPL. Instrumen penelitian yaitu angket penilaian Rencana Perencanaan Pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan mahasiswa masih kurang terampil dalam menyusun skenario pembelajaran biologi. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu informasi bagi calon guru khususnya guru biologi untuk meningkatkan keterampilannya dalam menyusun skenario pembelajaran. Selain itu, dosen pengampu mata kuliah perencanaan pembelajaran dan microteaching dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu tolak ukur untuk merancang kegiatan perkuliahan yang mampu memfasilitasi perkembangan keterampilan mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun skenario pembelajaran.


Keywords


keterampilan dasar mengajar, keterampilan menyusun skenario pembelajaran, calon guru

Full Text:

pdf

References


Agustina, P. & Saputra, A. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Microteaching. BIOEDUKATIKA, 5(1), 18–28.

Anggraeni, S. (2009). Sudahkan Calon Guru Biologi Merencanakan Pembelajaran Biologi yang Sesuai dengan Hakikat Sains? Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arends, R. (2012). Learning to Teach 9th Edition. New York: McGraw-Hill.

Aufa, A. L., & Maizeli, A. (2014). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Siswa Kelas VIII Semester I Di SMP Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Wisuda Ke-19 Mahasiswa Prodi Biologi STKIP PGRI Sumbar, 4(2).

Chin, C., & Chia, L. G. (2006). Problem-based learning: Using ill-structured problems in biology project work. Science Education, 90(1), 44–67. https://doi.org/10.1002/sce.20097

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Dewi, R. P., & Krismawati, S. (2018). Kemampuan menyusun perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia angkatan 2014 tahun akademik 2016/2017. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI), XL, 633–648.

Dewi, S. K., Kristiani, N., & Mulyana, B. (2016). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dogru, M. (2008). The Application of Problem Solving Method on Science Teacher Trainees on the Solution of the Environmental Problems. Journal of Environmental & Science Education, 3(1), 9–18.

Dunn, F.G.; Shriner, C. (1999). Deliberate practice in teaching: what teachers do for self improvement? Teaching and Teacher Education, 15, 731–651.

Edinyang, S. (2016). The Necessity Of Instructional Objectives In The Teaching And Learning Of Social Studies Education. Education for Today. Education For Today, 12(2), 46–52.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2018). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49–56. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9817

Folmer, V., Barbosa, N. B. D. V., & Soares, F. a. (2009). Experimental activities based on ill-structured problems improve Brazilian school students ’ understanding of the nature of scientific knowledge. Revista Electrónica de Enseñanza de Las Ciencias, 8, 232–254.

Frudden, S. J. (2001). Lesson plan can make a difference in evaluation teachers. Education, 104(4), 351–353.

Gay, L.R.; Geoffrey, E. Mills; Peter, W. A. (2012). Educational Research Competencies for Analysis and Applications 10th Edition. In 經濟研究. United States: Pearson Education, Inc.

Ge, X., Law, V., & Huang, K. (2016). Detangling the interrelationships between self-regulation and ill-structured problem solving in problem-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1622

Geijsel, F.P.; Sleegers P.J.; Stoel, R.D.; Kruger, M. L. (2009). The Effect of Teacher Psychological and School Organizational and Leadership Factors on Teachers’ Professional Learning in Dutch Schools. The Elementary School Journal, 109(4), 406–427.

Goldsmith, J. (2009). Pacing and time allocation at the micro-and meso-level within the class hour: Why pacing is important, how to study it, and what it implies for individual lesson planning. Bellaterra: Journal of Teaching & Learning Language & Literature, 1(1), 30–48.

Gularso, D. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 62–74. https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a8171

Halpern, D. (2002). Thought and Knowledge 4th Edition (N. Mahwah, Ed.). Lawrence Erlbaum.

Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 194–211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939

Harahap, Risma D. & Nazliah, R. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017 di MAS Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Biolokus 2 (2) 194-200. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.536

Jayanti, U. N. A. D. (2018). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi dengan Potensi dan Kearifan Lokal Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman serta Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognisi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA di Lam. Universitas Negeri Malang.

Jemmi, A. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Pendidikan di Kabupaten Tana Tidung. E-Journal Pemerintahan Integratif, 1, 38–50.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 tahun 2013. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan an Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016. (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 tahun 2018. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Koehler, A. A. (2015). Developing Preservice Teachers Instructional Design Skills Through Case-Based Instruction: Examining the Impact of Discussion Format and Use Web 2.0 Tools. Retrieved from http://www.buffalo.edu/library.buffalo.edu/

Lestari, K. B. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Fkip Ums Pada Mata Kuliah Micro Teaching Tahun Akademik 2017 / 2018.

Luzyawati, L. (2015). Profil Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 88–93. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.568

Marra, R., Jonassen, D., Palmer, B., & Luft, S. (2014). Why Problem-Based Learning Works: Theoretical Foundations. Journal on Excellence in College Teaching, 25, 221–238.

Melania, L. (2014). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tema Indahnya Persahabatan Di Kelas 3 Sd Gugus 3 Lowokwaru Kota Malang. Prosiding SEMNAS KSDP: Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi, 239–246.

Meyen, E. & Greer, D. (2009). The role of instructional planning in math instruction for students with learning disabilities. Focus on Exceptional Children, 41(5), 1–12.

Naafs, F.; Van de Oord, I., Kenter, B., & Wilthink, H. (2002). Effectieve instructie: leren lesgeven met het activerende directe instructie model (Effectiv instruction: learning to teaching with the activating direct instruction model. Amersfoort: CPS.

Nurzain, L. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Matematika Kurikulum 2013 Kelas X Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015 Di Man Babakan Tegal. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Omoteso, B. & Samudara, A. (2011). The Relationship between Teachers’ Effectiveness and Management of Classroom Misbehaviors in Secondary Schools. Psychology, 2, 902–908.

Pinksky, L.E., Monson, D. & Irby, D. M. (1998). How Excellent Teachers are Made: Reflection on Success to Improve Teaching Advances in Health Science Education. Advances in Healt Science Education, 3, 207–215.

Pinksy, L.E & Irby, D. M. (1997). “If at First You Don’t Succeed”: Using Failure to Improve Teaching. Academic Medicine, 72(11), 973–976.

Rockoff, J. E. (2004). The Impact of Individual Teachers on Student Achievement: Evidence from Panel Data. American Economic Review, 94(2), 247–252.

Rohayati, E.; Diana, S.W., & Priyandoko, D. (2018). Lesson Plan Profile of Senior High School Biology Teachers in Subang. Journal of Physics: Conference Series, 1013 012003.

Ruys, I., van Keer, H., & Aelterman, A. (2012). Examining pre-service teacher competence in lesson planning pertaining to collaborative learning. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 349–379. https://doi.org/10.1080/00220272.2012.675355

Safardi. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Simatupang, H &, Purnama, D. (2019). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Standar Proses Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII SMP Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Biolokus 2 (1) 135-138. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.438

Stronge, J.H.; Ward, T.J., & Grant, L. W. (2011). What Makes Good Teachers Good? Across-case Analysis of the Connection between Teacher Effectiveness and Student Achievement. Journal of Teacher Education, 62(4), 339–355.

Stronge, J.H.; Ward, T.J.; Tucker, P.D., & Hindman, J. L. (2008). What is the Relationship between Teacher Quality and Student Achievement? An Exploratory Study. Journal of Personnel Evaluation in Education, 20(3), 165–184.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi: Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Suwarna; Gufron, Anik; Sofyan, Herminarta; Munadi, Sudji;, Budiningsih, C. Asri; Haryanto; Soemarto, S. S. S. M. S. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tuinamuana, K. (2011). Teacher professional standards, accountability, and ideology: Alternative discourses. Australian Journal of Teacher Education, 36(12), 72–82. https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n3.2

Vermunt, J. D. (2014). Teacher Learning and Professional Development. Teachers’ Professional Development, 79–95.

Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5858

Wegner, C., Minnaert, L., & Strehlke, F. (2013). The importance of learning strategies and how the project “Kolumbus-Kids” promotes them successfully. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 137–143. Retrieved from www.Kolumbus-Kids.de

Wulandari, E. (2019). Profil Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saintifik oleh Calon Guru Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), I(2), 30–37.

Yousefkhani, M. (2008). Impact of Instructional Objectives on e/learning Materials. Proceedings of the World Congress on Engineering, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :