PENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARA BELAJAR SISWA AKTIF MELALUI WORKSHOP DI SMP NEGERI 1 PANTAI LABU

Rahmansyah Rahmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif melalui workshop di SMP Negeri 1 Pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan pengamatan, (3) evaluasi dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru guru yang mengajar di di SMP Negeri 1 Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 25 orang guru. Teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik penghitungan persentase jumlah guru yang sudah dan belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat 72% guru mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88%; (2) terdapat 28% guru belum mampu menerapkan strategi pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif secara utuh pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan menjadi 12%; (3) kompetensi profesional guru dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif dapat meningkat melalui workshop.

Keywords


Teaching

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2004). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Pendekatan Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Khairuna. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Kontekstual Melalui Workshop dan Supervisi Akademik di SMP Alwasliyah 1 Medan Pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Biolokus, 2(2), 175-179.

http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.445

Materka, P. R. (1994). Lokakarya dan Seminar. Yogyakarta: Kanisius.

Mulyasa. (2008). Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar dan Mengajar Dalam Perspektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 2000(2), 73–83.

Raka, J. (1992). Pendekatan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohani, A. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2), 217–221.

http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.539

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Malang.

Suprijanto. (2008). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiryawan, S. A. (1999). Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4269/1/PEBI4301-M1.pdf

Zaini. (2002). Disain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CYDS IAIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :