EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XII MIA-5 MAN 3 MEDAN

Satriawati Satriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA-5 MAN 3 Medan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen berupa tes esai yaitu tes hasil belajar siklus I dan II, dan lembar observasi aktifitas guru siswa yang diisi setiap tatap muka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan kolaboratif model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66,67%) dan siklus II (93,33%). Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran tergolong aktif dengan dominansi pada aspek bekerja dengan sesama anggota kelompok, mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru dan diskusi antar siswa/ antara siswa dengan guru.


Kata Kunci : Hasil belajar, aktivitas belajar, kolaborasi model pembelajaran teams games tournament


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkencana. (1989). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (1995). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Taniredja, Tukiran, dkk. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

http://nurlailatul khoiriyah.com/2012 kolaborasi dengan ahli lain. Diposkan oleh Nur Lailatul Khoiriyah di 05.02.

http://rizardian.blogspot.com/2012/11/ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament.html

http://himitsuqalbu.wordpress.com/2014/03/21/ Definisi hasil belajar menurut para ahli.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :