ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BIOLOGI KURIKULUM 2013 KELAS X SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2016/2017 DI MAS ISLAMIYAH GUNTING SAGA KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Risma Delima Harahap, Rahmi Nazliah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) MAS Islamiyah Gunting Saga Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara berdasarkan Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru-guru Biologi MAS Islamiyah Gunting Saga. Adapun subyek penelitian adalah guru-guru Biologi MAS Islamiyah Gunting Saga yang telah menerapkan kurikulum 2013 yang berjumlah tiga orang guru biologi. Perolehan data melalui beragam teknik pengumpulan data, diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar penilaian dokumen RPP guru dimana pada Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KI (85,0%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan KD (83,6%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan indikator (81,7%). Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan teknik penilaian autentik (80,0%). Instrumen rancangan penilaian telah menggunakan bentuk penilaian sesuai pendekatan scientific dalam pembelajaran (77,2%). Instrumen rancangan penilaian sesuai dengan materi yang diberikan (78.8%). Instrumen rancangan penilaian sesuai waktu yang direncanakan (80,2%). Instrumen penilaian mendukung penilaian autentik (75,2%). Kendala yang ditemui dalam penyusunan RPP yaitu pelatihan Kurikulum 2013 baru dirasakan oleh sebagian guru biologi saja, distribusi buku terlambat sampai ke tangan guru, guru merasa bekal pemahaman tentang Kurikulum 2013 belum cukup, anggapan guru terhadap penyusunan RPP Kurikulum 2013 itu sulit, pihak sekolah hanya memberi silabus, dan berbagai alasan pribadi.

Kata Kunci : RPP, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2009). PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Khasanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(2), 147-161.

Arsyad, A. (2000). Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Astriningrum, I. (2010). Identifikasi Kesulitan Guru IPA Biologi dalam Pengembangan Silabus dan RPP mata Pelajaran IPA Biologi SMP Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Muhammadiyah Surakarta. Skripsi (Tidak Dipublikasikan).

E. Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

E. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, A & Hanum, I. (2009). PERENCANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANEKA SUMBER. Jurnal Teknologi Pendidikan 2 (1), 12-24.

Harsono. (2008). PENERAPAN METODE CERAMAH, DISKUSI, DAN TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MAN MODEL PALU. Derap Pendidikan LPMP Sulawesi Tengah 2 (3), 12-28.

Henuhili, A., & Setianingsih. (2009). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTERNET BAGI GURU BIOLOGI SMA DI KABUPATEN SLEMAN. Inotek. 13(2), 161-171.

Hutagaol, M., dan Sitompul, H. (2004). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DASAR KEPENDIDIKAN DAN PENGUASAAN MATERI PENGAJARAN DENGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SLTP NEGERI KOTA MEDAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 10(2),167-176.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Riana, I Gede Arnawa. Agung, Gede A. Parmiti, Desak Putu. (2016). ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 3 BANJAR JAWA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5 (2).

Sadiman, A. R. (2005). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Samani, M. (2006). Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya : Penerbit SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 65 Tahun 2013, Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 54 Tahun 2013, Standar Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 64, Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 59, Kurikulum 2013 SMA/MA.

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 A Tahun 2013, Implementasi Kurikulum.

Salinan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013, Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Simatupang, H., & Purnama, D. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP AL-ULUM KOTA MEDAN. Jurnal Biolokus, 2(1), 135–138.

Sukmadinata, N. (2002). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Listyo. P, Sugeng dan Faridah Nurmaliyah. (2010) Perencanaan Pembelajaran. Malang : UIN Maliki Press.

Sugiyono (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014), Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMP dan PMP.

Utami, B. dkk 2016. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Yang Disusun Guru SD. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Pendidikan Kimia FKIP UNS, Surakarta.

Winaya, Kadek. dkk. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :