UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA KELAS XI MIA 1 MAN 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Satriawati Satriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dan Numbered Head Together di kelas XI MIA 1 MAN 3 Medan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 39 orang siswa. Pengamatan aktivitas dilakukan oleh empat orang observer masing-masing mengamati 8-10 orang siswa. Instrumen berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta pengamatan aktivitas siswa melalui lembar observasi dalam bentuk uraian. Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus I: siswa mengutarakan pendapatnya, pada siklus II: guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan soal atau game. Hasil analisis data ditemukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata pretest siswa adalah 56,02 dengan ketuntasan klasikal 10,25% sedangkan hasil rata-rata post test pada siklus I adalah 67,20 dengan ketuntasan klasikal 74,25% dan hasil rata-rata post test pada siklus II adalah 95,64 dengan ketuntasan klasikal 89,75%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 64,11%. Untuk hasil aktivitas belajar siswa ditemukan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, secara klasikal aktivitas melihat meningkat sebesar 20,51%, aktivitas berbicara meningkat sebesar 32,06%, aktivitas mendengarkan meningkat sebesar 16,67% dan aktivitas menulis meningkat sebesar 23,08%. Hal ini berarti bahwa kombinasi model pembelajaran Mind Mapping dan Numbered Head Together di kelas XI MIA 1 MAN 3 Medan T.P 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa dari siklus I sampai siklus II.

Full Text:

PDF

References


Adrian, (2004), Alat Ekresi Pada Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Arikunto, S, (2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S, (2011), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Edisi Revisi Kelima. Bandung: Bumi Aksara.

Arikunto, S, (2010), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bagus, (2007), Pengembanan Peta Pikiran Untuk Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Siswa. Bloonline. Wordpress.com/2011/06/07. Diakses maret 2017.

Buzan, T, (2011), Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, (2002), Psikologi belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.(2002), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, (2009), Mengajar Dengan Sukses, Bumi Aksara, Jakarta.

Hamzah, B, (2007), Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karman, O, (2007), Biologi. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Lubis, Fitri A, (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Divariasikan Dengan Media Mind Mapping Terhadap Minat Belajar Siswa. Biolokus. Vol.1(2) hal: 91-99.

Purwanto, (2008), Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Prawihartono,S. (2007), Sains Biologi 2 SMA/MA Kelas XI, Bumi Aksara, Jakarta.

Prayitno, E, (1998), Motivasi Dalam Belajar, Depdikbud, Jakarta.

Sadirman, A, (2009), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sasmitha, S, (2006), Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa dengan Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Pada Materi Pokok Sistem peredaran darah di kelas XII IPA SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2005/2006, Medan : FMIPA-Universitas Negeri Medan.

Sanjaya, Wina, (2008), Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Siregar, F, (2007), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Quantum Learning Teknik Membaca Dengan Peta Pikiran Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Di Kelas XI IPA SMA

Swasta Taman Siswa Tebing Tinggi T.P 2007/2008, Medan: FMIPA-Universitas Negeri Medan.

Suprijono, Agus, (2011), Kumpulan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. https://slam3tsubagyo.files.wordpress.com/2011/06/kumpulanmetodepembelajaran-paikemteoridanaplikasi.pdf .Diakses pada tanggal 5 Februari 2017 pada pukul 16.25.

Susilowarno, (2007), Biologi SMA. Jakarta: Grasindo.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N, (1989), Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widodo, A, (2005), Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 4(2), hal 61-69




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :