PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Muhammad Adlan Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Sibabangun. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran two stay two stray (TSTS), kelas B dengan model pembelajaran artikulasi dan kelas C (kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data untuk hasil belajar menggunakan Analisis Kovarians (ANAKOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran TSTS (84,71 ± 14,729); artikulasi (82,29 ± 15,942), dan konvensional (50,70 ± 23,628) terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSTS dan artikulasi lebih tinggi dibandingkan dengan konvensional.


Full Text:

PDF

References


Daulay, K. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Kecakapan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Batangonang Kab. Padanglawas Utara.Tesis tidak dipublikasikan.Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Handayani, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pendidikan Matematika, 3 (1): 56-60.

Ismawati, N., Hindarto, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 : 38-41.

Jones, K.A. & Jennifer, L. 2008. Making cooperative Learning Work in the Collage Classroo: An Application of the ‘Five Pillars’ of Cooperative Learning to Post-Secondary Instruction. Journal of Effective Teaching. 8 (2): 61-76.

Leluhur, W. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Cooperative Learning Model Artikulasi dan Evaluasi bentuk Multiplechoice Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri I Licin Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Ilmiah Progressif, 17 (6): 45-64

Pasal 1 ayat 1 UU sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Putra, I P.G.Y., Desak P,P., I Dewa, K,T. Pengaruh Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Teknik Kancing Gemerincing TerhadapHasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1): Tahun 2014.

Rachmawan, A.I., Nur, K. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Tipe Explicit Instruction pada Standar Kompetensi menggunakan Hasil Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2): 635-643.

Sagala, Y.S. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA dan Kecakapan Sosial Siswa di SMK Negeri 2 Binjai. Tesis tidak dipublikasikan.Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. 2014. Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Silvia, L., Sefna, R., K, Delsi. 2012. Pengaruh Penerapan Model Artikulasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Sasak Ranah Pasisir Tahun Pelajaran 2012/2013. STKIP PGRI SUMBAR.

Wahyuni, S. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stay sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wardhani, I.M., Sajidan., Maridi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray disertai Audio-visual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (1): 40-55




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIOLOKUS

indexed by :