PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Jalilah Azizah Lubis, Risnawati Harahap

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran pendekatan keterampilan proses. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep biologi siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan 2) untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dimana subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 32 orang siswa. Sedangkan teknik dan alat pengumpul data yaitu tes dan observai. Hasil penelitian dapat dilihat dari tes pemahaman konsep pada materi ekosistem yang ditandai dengan tingkat ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 62 % dan di siklus II 78%. Dari rata-rata nilai siklus I dan II terdapat peningkatan rata-rata sebesar 16%. Kadar aktivitas siswa terhadap pelajaran biologi meningkat, hal ini diperoleh dari persentase siklus I 63,12% dan siklus II 78% pada siklus I dan II naik menjadi sebesar 14,88%. Berdasarkan Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep pembelajaran biologi siswa melalui model pendekatan keterampilan proses pada ekosistem di kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dikdasmen Nomor 506/ C/ Kep/ PP/ 2004. Peraturan Dirjen tahun 2004 tentang Indikator pencapaian pemahaman konsep.

Hadi, Sutarto dan Maidatina Umi Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika siswa SMP Melalui Penerapan Model Kooperatife Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Chehks). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 No.1, April 2015: 59-66.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hikmawati. 2012. Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Keterampilan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas SDN 51 LAMBARI. Jurnal Publikasi. Volume II No.1 Februari 2012.

Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Pertiwi. 2011. Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah.

Pratiwi, dkk. 2007. Biologi SMA kelas X . Jakarta: Erlangga.

Semiawan. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. IPA BIOLOGI untuk SMP Kelas VII. Jakarta : Erlangga.

Utari, Rahma Siska dkk. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Zevika, Mona dkk. 2012 Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika. Hal. 45-50 Vol. 1 No. 1 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIOLOKUS

indexed by :