PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM: SUATU UPAYA MENEMUKAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM IDEAL

Afrahul Fadhila Daulai

Abstract


Dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan Islam baik dari segi sarana prasarana, metodologi mengajar, dan sumber daya manusia (guru) di butuhkan paradigma baru Pendidikan Islam. Paradigma baru maksudnya mencari pemikiran pemikiran baru atau gagasan gagasan di bidang pendidikan sehingga Pendidikan Islam lebih maju dan berkembang di masa depan serta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.

Pemikiran- pemikiran baru tersebut, yaitu sistem Pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada ilmu ilmu agama saja tetapi juga harus berorientasi pada ilmu pengetahuan umum dan iptek. Karena itu, dalam kurikulum Pendidikan Islam dimasukkan persoalan persoalan iptek, seperti matematika, kimia, fisika, biologi dan lainnya. Untuk merealisasikan ide itu, para guru dan dosen hendaknya ahli di bidangtnya, terampil, kritis, analitis, profesional dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terutama bidang pendidikan.


Full Text:

PDF PDF

References


Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 1993.

Ashraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus. 1992.

Azyumardi, A. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos. 1999.

Daradjat, Z. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 1992.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 1992.

Al-Frauqi, Raji, I. Islam and Culture, Kuala Lumpur: Dany Press. 1980.

Huda, Nurul, Dkk. Paradigma Pendidikan Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah. 2001.

Kuntowijoyo. Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan. 1992.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos. 1999.

Montgomery, W. The Influence of Islam on medievel Europe. Edinburgh: University Press. 1972.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press. 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i2.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.