NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT UMAR BIN AHMAD BARAJA DALAM KITAB AL-AKHLAQI LIL BANIN

Meriyanti Nasution, Asnil Aidah Ritonga

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Al-Akhlaqi Lil Banin jilid I karya Umar bin Ahmad Baraja.

Penelitian ini adalah penelitian Library research dan menggunakan pendekatan studi tokoh (life History) dengan metode penelitian kualitatif, menggunakan data berupa membaca kitab Al-Akhlaqi Lil Banin (sebagai data primer), mengumpulkan data menyelusuri buku Akhlak Islam serta sumber lainnya sebagai data skunder.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al-Akhlaqi Lil Banin jilid I ini merupakan referensi pendidikan akhlak klasik yang berbahasa Arab yang disajikan sederhana dan mudah dipahami. Nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Al-Akhlaqi Lil Banin jilid I diantaranya adalah religius, sopan santun, dermawan, dan rendah hati, toleransi, disiplin, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Khususnya tentang penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak untuk anak.

Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Umar bin Ahmad Baraja

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Muhammad. Akhlak Menjadi seorang Muslim Berakhlak Mulia

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung:CV Pustaka Setia.

Ali Abdul Halim Mahmud. 1995. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani

Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1990. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Amroeni.Et.al, Al-Rasyidin & 2016. Nilai Persfektif Filsafat. Medan : Perdana Publishing

Dzaradjat, Zakiah, dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Kebudayaan.1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Nursi, Bediuzzaman Said. 2015. Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Yogyakarta: Deepublish.

Putra, Haidar Daulay. 2014. Pendidikan Islam dalam Persfektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i2.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.