URGENSI PERILAKU NABI MUHAMMAD TERKAIT PENDIDIKAN ISLAM

Junaidi Arsyad

Abstract


Studi ini berusaha menyingkap bagaimana perilaku Nabi dalam kehidupannya sehari-hari akan berpengaruh terhadap pendidikan Islam terutama bagi seorang guru yang dapat menjadikan perilaku Nabi tersebut menjadi sebuah kompetensinya ketika ingin menjadi guru yang profesional. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan pendekatan sejarah sosial. Data yang diperoleh akan dianalisis dan disajikan secara deskriptif dengan cara memilih topik, mengumpulkan sumber, memverifikasi data, menginterpretasikannya dan untuk selanjutnya dilakukan rekonstruksi agar menjadi penjelasan yang utuh dan komprehensif sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam perilaku keseharian yang ada pada diri Nabi Muhammad Saw. terkait pendidikan Islam, antara lain, satunya kata dengan perbuatan, yang kesemuanya itu menjadi teladan bagi segenap guru dan pendidik. Dengannya diharapkan dapat menjadi panduan dan tuntunan dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan kependidikan yang dilakukannya sehari-hari. Kata Kunci: Perilaku Nabi, Pendidikan, Islam

Full Text:

PDF

References


As-Sayyid, Abu Bakar Ahmad. Kepada Para Pendidik Muslim, terj. Farid Hamidy, cet. 4. Jakarta: Gema Insani Press, 1993.

Asy-Syalhub, Fu’ad ibn ‘Abd al- ‘Aziz. al-Mu’allim al-Awwal. t.t.p.: t.p. t.t. Al-Asfahani, Ar-Ragib. Mu’jam Mufradat Alfaz Alquran. Beirut: Dar al-Fikr, tt. Ahmad, Mahdi Rizqullah. As-Sirah an-Nabawiyyah fi Dau’i al-Masadir alAsliyyah Dirasah at-Tahliliyyah, cet. I. Riyad: Markaz al-Malik Faisal li alBuhuṡ wa ad-dirasat al-Islamiyah, 1992.

Al-Bukhari, Abi ‘Abdullah Muhammad ibn Ismail. Jami’ as-Ṣahīh, cet. I, jilid I, II, IV. Kairo: Al-Matba’ah al-Salafiyah wa Maktabatuha, 1400 H.

al-Jazairi, Abu Bakar Jabir. Haza al-Habib Muhammad saw Ya Muhib. Sa’udi ‘Arabiyah: Maktabah al- ‘Ulum wa al-Hikam, 1423 H.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Hanbal, Imam Ahmad ibn. Al-Musnad, cet. I, Jilid XI. Kairo: Dar al-Hadis, 1995. Ibnu Hisyam, Abi Muhammad ‘Abd al-Malik. As-Sirah an-Nabawiyyah, jilid II, III. Kairo: Darul Fikr, 1999.

Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah, cet. 2. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003.

Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2005. al-Jauziyyah, Syamsuddin Abi ‘Abdillah Muhammad ibn Abi Bakr ibn Ayyub ibn al-Qayyim. Jāmi’ as-Sīrah, cet. I, terj. Abdul Rosyad Shiddiq. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2012.

al-Mubarakfuri, Safiyurrahman. Ar-Rahiq al-Makhtum. Qatar: Wazarah al-Awqaf wasy Syu’uni al -Islamiyyah, 2007.

al-Mu’az, Nabil Hamid. Bagaimana Mencintai Nabi saw., cet. I, terj. Abdul Hayyie al-Kattani & Muhammad Masnur Hamzah. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

an-Naisaburi, Al-Imam Abi al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj ibn Muslim alQusyairi. Sahih Muslim. t.t.p: Dar Ihya’ al-Turaṡ Al-‘Arabi, t.t..

al-Qarni, ‘Aid ‘Abdullah. Muhammad Ka’annaka Tarahu, cet. I. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2002.

_______, Rahmatan lil ‘Alamin, cet. I, terj. Abad Badruzzaman. Jakarta: Sahara, 2011.

as-Sayyid, Abu Bakar Ahmad. Kepada Para Pendidik Muslim, terj. Farid Hamidy, cet. 4. Jakarta: Gema Insani Press, 1993.

as-Sirjani, Ragib. Uswatun Lil ‘Alamin, cet. I, terj. Arif Rahman Hakim. Solo: Insan Kamil Solo, 2011.

________, Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia, terj. Sonif. Jakarta: AlKautsar, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i1.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.