PENDEKATAN ISLAM TERHADAP MANAJEMEN

Nurhaizan Sembiring

Abstract


Manajaemen merupakan suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat unsur mengatur yakni merencanakan kegiatan demi kegiatan untuk dapat terlaksana dengan baik, teratur dan tertata dengan sistematis. Managemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat Hablun minan Nas, artinya hubungan sesama manusia. Manajemen diambil dari bahasa Latin, dengan asal kata Mamus (tangan) dan Angere (melakukan) sehingga digabungkan menjadi Managere, yakni menangani.

Pernyataan tersebut mengandung makna, bahwa managemen tersebut adalah suatu langkah dalam menangani, mengurus, tentunya dalam hal ini adalah manusia, dengan bagaimana mengatur langkah-langkah dalam pencapaian tujuan yang diharapkan.

Terkait dengan kata menangani, berhubungan erat dengan kata mengurus dan langkah-langkah (tahapan), maka dalam hal ini adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan disertai pengendalian dinyatakan sebagai proses dari tahapan managemen tersebut secara umum.

Dalam memenege ataupun mengelola pendidikan tersebut, bertindak lembaga sebagai pengelola dengan menggunakan beberapa prinsip manajemen sesuai Alquran, diantaranya pemimpin haruslah menegakkan prinsip amar ma’ruf nahi mungkar, dengan menjunjung tinggi nilai kebenaran serta memberikan amanah (pekerjaan) kepada seseorang yang sesuai dengan keilmuan dan profesinya.Hal ini bertujuan bahwa dalam melaksanakan kegiatan apapun tetap berpegang teguh pada prinsip prinsip Islami yang mampu membawa manusia ke ranah yang lebih terarah.

Kata Kunci : Pendekatan Islam, manajemen


Full Text:

PDF

References


Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islami, Cita Pustaka.

Jawahir Tanthowi, Unsur-Unsur Managemen Menurut Ajaran al-Qur’an, Pustaka Al-Husna, Jakarta.

Alex Gunur, Managemen Kerangka Pokok-Pokok, Bharata, Jakarta.

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta Cet Kedua, 1989.

Yusran Asmuni, Ilmu Tauhid, Raja Grafindo, Jakarta: 1996.

Jamaluddi-Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung.

Abu Ahmadi-Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Rineka Cipta.

Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Rineka Cipta.

Husni Rahim, “Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia”, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 2001.

Zakiyah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara ,2006.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, Erlangga.

HAR Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i2.574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.