KONTRIBUSI MAJELIS TA’LIM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP REMAJA MESJID DESA CINTA RAKYAT KEC. PERCUT SEI TUAN

Nurmawati Nurmawati

Abstract


Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan oleh Majelis Ta’lim bagi anggota  Remaja Mesjid di desa Cinta Rakyat kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan wawancara mendalam. Tehnik analisis data  adalah tehnik  analisis yang digunakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan/ verifikasi, data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan tehnik triangulasi sumber, metode dan teori. Nilai-nilai pendidikan karakter difokuskan pada nilai pendidikan karakter spritual, emosi dan karakter sosial. Penelitian menemukan bahwa penanaman nilai-nilai karakter spiritual dan sosial melaluai majelis ta’lim belum  memberi kontribusi sepenuhnya secara maksimal. Melalui Pengajian akbar remaja mesjid pendidikan karakter spritual sebagaimana yang ditetapkan 18 (delapan belas) karakter, maka pendidikan karakter religius dan karakter sosial, jujur, toleransi dan disiplin lebih memberi kontribusi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v5i1.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.