STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ORANG TUA LANJUT USIA DI PANTI JOMPO SOSIAL BIREUEN ACEH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran orang tua lanjut usia dalam pengamalan nilai-nilai keagamaan, dan strategi pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi orang tua lanjut usia di Panti Jompo Cot Bada Bireuen. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pimpinan, pengurus, imam pengajian, guru pengajian Agama Islam, dan orang tua lanjut usia Panti Jompo. Tehnik pengumpulannya datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kesadaran orang tua lanjut usia Panti Jompo terhadap pengamalan nilai-nilai keagamaan sudah baik. Strategi pembinaan pendidikan agama Islam di Panti Jompo adalah strategi mufarrih (menyenangkan), pengorganisasian kelas pengajian menurut tingkat usia jompo, pembinaan komunikasi efektif dan interaksi aktif dan strategi mencurahkan pendapat antara guru dan orang tua jompo.
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. 19997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Abdul Mujib dan Djusuf Muzakir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana.
Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, cet.2.
Aziza Meria. 2015. Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Tunagrahita di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat. Jurnal Staqafah : Jurnal Peradaban Islam Vol. 11, No. 2, November 2015, 355-380.
Ahmad Tafsir. 2007. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Armai Arif. 2000. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Badri Yatim. 1993. Sejarah Pendidikan Islam, Dirasah Islamiyah II. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Burhanuddin dan Salam. 1997. Pengantar Pedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: Rineka Cipta.
Basyiruddin Usman. 2008. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputar Pers, cet.1.
Chatib Thoha, dkk, 2004. Metodologi Pengajaran Agama, cet.2. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Deddy Mulyana. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daradjat. 2003. llmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
DEPDIKBUD. 2007. Kurikulum PendidikanMata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Insani.
Enty Lafina Nasution. 2017. Pentingnya Pendidikan dalam Kehidupan Manusia, cet-1. Bandung: the publiss.
Fauzan. 2015. Pentingnya Belajar Agama.
F.J.Monk, A.M.P Khoers dan Siti Rahayu Haditono. 2007. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:DanaBhakti Primayasa.
Heri Jauhari Muchtar. 2005. Fiqih Pendidikan, cet-1. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Imam Jalaluddin As-Suyuthi. 2007. Tafsir Jalalain, Trjm. Bahrun Abubakar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, cet.10.
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran, Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2006. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, cet-2.
Mulyono, 2011. Teknik Penelitian Kualitatif. Jakarta: Lentera, 2011.
Marhamah Saleh. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2013 VOL. XIV NO. 1, 190-220,
M. Maftuhin dan A. Jauhar Fuad. 2018. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. 76 | Journal An-nafs: Vol. 3 No. 1 Juni 2018.
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muhammad Al Toumy Al Syaibani. 2015. Falsafah Pendidikan Agama Islam Terjemahan H. Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
Muhibbin Syah. 2008 Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, cet.13.
Mahmud Yunus. 1982. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidayat, 1983.
Oemar Muhammad At-Taumi Al-Syaibany. 1999. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Balai Pustaka.
Shalahuddin. 1987. Metodologi Pendidikan agama. Surabaya: Bina Ilmu.
Soelaiman Yosoef dan Slamet Santoso. 2001. Pendidikan Luar Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D.
Siti Mundasah. 2002. Pembinaan Agama Islam terhadap Manula di Panti Wredha Pucang Gading Semarang”,(Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Siti Rohimah. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk/Multiple Intelegences. Misykat al-Anwar. http://jurnal.fai-umj.ac.id/ : 11-12
Saiful Sagala. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suska. 2009. Sejarah ringkas, lingkup, dan metode psikologi pendidikan. Jakarta: Archive.
Syamsu S. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Antisipasi Krisis Akhlak peserta Didik Pada SMA Negeri di Palopo. Inferensi, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktek, cet-1. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung Alfabeta.
Zuhairi. 2007. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Usaha Nasional.
Zakiah Daradjat. 1992. Ilmu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Zakiah Daradjat. 1982. Pembinaan Agama Dalam Pembinaan Menta. Jakarta : Bulan Bintang.
Zakiah Daradjat, 1982. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i1.413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TAZKIYA
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.