MENILIK NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERISTIWA ISRA’ MIRAJ DENGAN PENDEKATAN SINKRONISASI

Rodhatul Alawiyah Ash Shodiq, Shaleh Shaleh Shaleh

Abstract


Isra’ Miraj merupakan salah satu kejadian dalam sejarah Islam. Peristiwa ini terjadi pada malam yang dikenal sebagai “Isra' dan Miraj” yang merupakan peristiwa luar biasa dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masijidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian naik ke langit menuju ke Sidratul Muntaha dengan menggunakan kendaraan bernama Buroq' dengan mendapatkan perintah dari Allah SWT yaitu perintah menunaikan ibadah sholat lima waktu. Isra’ Miraj juga merupakan peristiwa yang wajib diyakini oleh setiap umat muslim, dan Isra’ Miraj masuk dalam kategori sejarah yang terekam nyata dalam ayat Al-Qur’an dan Hadist. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Nabi Muhammad SAW yaitu Peristiwa Isra’ Miraj dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan dalam peristiwa Isra’ Miraj melalui pendekatan sinkronisasi. Penelitian ini juga merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah adanya nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam peristiwa Isra' Miraj, dan relevansi terhadap pendidikan yang bertujuan guna pendidik, peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan dalam peristiwa besar Islam yang terjadi salah satunya pada peristiwa Isra' Miraj melalui pendekatan sinkronisasi. Pendekatan sinkronisasi merupakan pandangan suatu bidang ilmu yang selanjutnya akan digunakan untuk memahami hasil dari apa yang diperoleh saat melakukan kegiatan menganalisis, dan memahami.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adlini, Miza Nina et al. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974–80.

Afroni, Mochamad. 2019. “PENDEKATAN SEJARAH DALAM STUDI ISLAM Mochamad Afroni 1.” Jurnal Madaniyah 9(2): 268–76.

Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(1980): 1349–58.

Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=ffpDDwAAQBAJ.

Crystallography, X-ray Diffraction. 2016. “Modul Pembelajaran SMA (Sejarah Indonesia).” : 1–23.

Febiantoni, Fungki. 2022. “Nilai-Nilai Karakter Peristiwa Isra Mi’raj Dalam Pendidikan Agama Islam Di Indonesia.” Humanika 22(1): 41–64.

Hamidi, J et al. 2012. “Teori Dan Hukum Perancangan Perda.” https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=D12wDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+roccipi&ots=9vUfZdZHCL&sig=XOi9YXp2N8eqPl0P7-Pxi9qoa_g.

Marlina, Lis. 2020. “Pengembangan Media Cetak Sejarah Isra Mi’Raj Nabi Muhammad Saw Kelas 4 Di Mi Salafiyah Assafiiyah Dukuh Bulu Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019.” Pergumi 1(1): 204–22.

Muntaqo, Rifqi, Alfin Musfiah, and Jawa Tengah. 2018. “529-Article Text-746-1-10-20190112.” 1(2).

Nasution, A G J, H D Siregar, and ... 2022. “Narasi Peristiwa Isra Mi’Raj Nabi Muhammad Saw Pada Buku Ski Di Mi.” Sinar Dunia: Jurnal … 1(3): 175–83. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/482%0Ahttps://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/download/482/406.

Prof. Dr. H. Bashori Muchsin, M.Si, Dkk. 2010. Pendidikan Islam Humanistik “Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak.” Bandung: PT. Refika Aditama.

Raj, M I et al. 2022. “Novia Rani.”

Sugiyono. 2016. METODE PENELITIAN (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). April 2016. Bandung: ALFABETA,cv.

Suriansyah, Ahmad. 2011. “Landasan Pendidkan.” Comdes: 1. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf.

Surur, Miftahus. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Peristiwa Isra Mikraj Perspektif Al Qur’an Dan Hadis Sahih.” Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam 2(2): 40–73.

Yunita, Yuyun. 2021. “Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Dan Pembelajarannya.” Dewantara 11(1): 125–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v13i1.3252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rodhatul Alawiyah Ash Shodiq, Shaleh Shaleh Shaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.