PANDANGAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: MEMAHAMI ESENSI MASYARAKAT

Rizki Arzi Wahyudha, Muhammad Nursim

Abstract


Jurnal ini membahas definisi filsafat pendidikan Islam, esensi masyarakat, tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan Islam, dan hubungan pendidikan Islam dengan masyarakat. Filsafat pendidikan Islam dipahami sebagai pandangan terhadap pendidikan yang bersumber dari ajaran Islam, dengan penekanan pada pengembangan potensi manusia secara holistik. Masyarakat, berasal dari bahasa Arab "Syirk" atau "Musyarak," diartikan sebagai kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan budaya, agama, dan tradisi, hidup bersama dalam suatu hubungan sosial. Tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan Islam mencakup arahan tauhid dan bertaqwa, serta penanaman nilai-nilai kebajikan dan advokasi terhadap kebenaran. Pendidikan Islam berperan sebagai alat kunci dalam membentuk masyarakat Muslim yang ideal, dengan melibatkan interaksi antara masyarakat sebagai subjek merencanakan pendidikan Islam, dan pendidikan Islam sebagai upaya membantu perkembangan individu dan masyarakat Muslim. Hubungan ini menunjukkan keterkaitan erat dan saling mendukung antara masyarakat Muslim dan pendidikan Islam dalam mencapai tujuan harmonis, damai, dan makmur sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Kata Kunci: Pandangan, Filsafat Pendidikan Islam, Esensi, Masyarakat.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v13i1.3197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rizki arzi wahyudha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.