MADRASAH INSAN CENDIKIA DAN MA PK: ANALISIS TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Luthfia Atsira, Zulmuqim Zulmuqim, Muhammad Zalnur

Abstract


Artikel ini membahas mengenai pendidikan dengan focus penelitian kepada Madrasah Insan Cendikia dan MAPK. Lahirnya madrasah di Indonesia disebabkan oleh adanya hubungan tarik menarik antara pendidikan tradisonal yang mengajarkan pengetahuan agama dengan pendidikan modern yang mengajarkan pengetahuan umum. Berdasarkan hal ini maka dibentuklah sistem pendidikan yang memberikan pengajaran ilmu umum dan agama, yang saat ini disebut dengan madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi pustaka (library research). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah           Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia merupakan madrasah model untuk menyambut tajntangan modernisasi sekaligus mempertahankan nilai tradisi pondok pesantren (Islamic boarding school). Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia sebagai madrasah yang mengembangkan sekaligus menyeimbangkan imtak (iman-takwa) dan IPTEK. Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) merupakan madrasah yang memberikan penekanan pada ilmu-ilmu keislaman yaitu dengan memakai pengantar bahasa asing (Inggris dan Arab).


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


ABDILLAH, A. R. (2021). INTEGRASI IMTAQ DAN IPTEK DALAM PENGEMBANGAN MAN INSAN CENDEKIA.

Bakhri, A. (2015). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah pada Era Globalisasi. Madaniyah, 5(1), 63–86.

Haikal, A., & Kosim, M. (2022). Pengembangan Pendidikan Islampada Madrasah Insan Cendikia (MAN-IC) dan Sekolah Islam Terpadu (SIT): Problematika dan Solusinya. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–12.

Huda, M. (2022). KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASA ORDE BARU DALAM MENGATASI KRISIS ULAMA: KAJIAN HISTORIS LAHIRNYA MAPK. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 234–248.

Pratama, Y. A. (2019). Integrasi pendidikan madrasah dalam sistem pendidikan nasional (Studi kebijakan pendidikan madrasah di Indonesia). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 95–112.

Silva, R., & Salam, A. (2023). Sekitar Pendirian Sampai Periode Awal MAN Insan Cendekia Padang Pariaman: Studi Sejarah Lembaga. Jurnal Kronologi, 5(1), 101–116.

Sukarno, M. (2017). Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Untuk Menjawab Tantangan Modernisasi, Demokratisasi Dan Globalisasi (Developing Insan Cendikia High School To Address Modernisation, Democracy, And Globalisation Challenges). Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(2), 117–134.

Wijdan, F. (2015). MAPK dan Kaderisasi Ulama. REPUBLIKA. https://www.republika.co.id/berita/nzdy0f13/mapk-dan-kaderisasi-ulama




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i2.2791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 luthfia atsira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.