ADAB MURID KEPADA GURU PERSPEKTIF AL-GHAZALI STUDI KITAB MINHAJUL MUTA’ALIM

Abdurohman Abdurohman

Abstract


Tujuan penelitian  ini; pertama, Untuk Mengetahui Bagaimanakah Konsep Adab didalam Islam. Kedua, Untuk Mengetahui Bagaimanakah Konsep Murid didalam Filsafat Pendidikan Islam. Ketiga, Untuk Mengetahui Bagaimanakah Adab Murid Kepada Guru Perspektif Imam Al-Ghazali. Metode Penelitian yang digunakan adalah library research dan menggunakan analisis dokumen sebagai pijakan dalam melakukan penelitian. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan mengacu kepada Triangulasi Teori dan Triangulasi Data. Hasil penelitian ini berisi adab sebagai nilai-nilai yang bersumber dari pemenuhan terhadap syariat dengan bentuk yang lebih luwes murid di dalam pendidikan Islam menjadi sebuah raw material  yang menerima berbagai informasi dari unsur external tanpa filter, adab murid kepada guru meliputi tiga point yang diekstraksi dari kitab Minhajul Muta’alim: pertama, tazkiyatun nafs, murid tidak menentukan bahan ajar, murid lebih mengutamakan guru dibanding orang tua di dalam proses pendidikan. Sehingga penelitian diharapkan mampu memberi gambaran baru tentang pandangan al-Ghazali.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-‘Irāqi. (2005). Al-Mughni ‘An Hamlil Asfāri fil Asfar. Libanon: Dar Ibnu Hazm.

Al-Ghazali. tt. Raudlatut Thalibīn. Beirut: Darul Fikr.

Al-Jauzi, Ibnu Qayim. (2011). Madarijussalikin. Riyad: Dar as-Shami’i.

Al-Jilani . (1997). Al-Ghunyah. Libanon. Dārul Kutubul ‘Ilmiyah.

Al-Jurjani. (1938). Mu’jam at-Ta’rifāt. Mesir: Dārul Fadhilah.

Al-Manawi. (1990). at-Tauqīf ‘alā Muhimmāti at-Ta’ārīfi. Mesir: Âlamul kutubi.

Al-Umari. (2019). Arāu Ibnu ‘Ajībah Al-‘Iqdiyyah-‘Aradan wa Naqdan. Riyad. Jāmiatul Imam Muhammad Bin Su’ud al-Islamiyyah.

Aly Ma’sum. tt. Amtsilatut Tasrīfiyyah. Surabaya: Maktabah Salim Nabhan.

Andi, W. (2022). Kopetensi Guru dalam Kajian Kitab Minhajul Muta’alim. JCI: Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(2). h. 921-931.

Anwar Rosihon. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Ardiansyah Muhammad. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

As-Sakhāwi. (1985.) Al-Maqāsidul Hasanah. Beirut: Darul Kutubul 'Araby.

As-Suyuti. (2010.) Durarul Muntatsarah Fil Ahādītsil Musytaharah. Riyad: Universitas Malik Su’ud.

Badawi, Abdurahman. (1977.) Muallafat al-Ghazali. Beirut: Dar al-Qalam.

Faris Ibnu. tt. Maqoyisu Lughati. Libanon: Dar al-Jili.

H. Hart Michael. (1983). Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah. Terj. Mahbub Djunaidi. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Hairul, F. (2023). Adab Murid Kepada Guru Pada Proses Pembelajaran Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Bidayatul Hidayah. AT-TA’LIM: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(1). h. 1-15.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Poerwadarminta. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosyada Dede. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suteja. (2022). Al-Ghazali dan John Lock Pertemuan Pendidikan Islam dan Pendidikan Barat. Cirebon: CV. Bumi Aksara.

Suyanto.(2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Syar’i Ahmad. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. Palangkaraya: CV. Narasi Nara.

Yunus A, Kosmajadi E. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Majalengka. Unit Penerbitan Universitas Majalengka.

Yunus Mahmud. (2010). Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzuriyyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i2.2735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 - - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.