PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH

Rizki Pebrina, Rusyda Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa poster berukuran kecil dengan menggunakan aplikasi canva  pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi makanan dan minuman yang halal. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yakni Analisis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahapan pertama yang dilakukan yaitu analisis media pembelajaran dengan melihat media yang digunakan oleh guru pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, analisis karakteristik siswa, serta  analisis silabus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 4 orang validator ahli. Kedua tahapan Design, dengan langkah awal pembuatan media poster dengan menggunakan aplikasi canva.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa validitas media poster menggunakan indeks Aiken V diperoleh 0,87 dengan kategori sangat valid. Sementara hasil praktikalitas diperoleh dari angket respon peserta didik  yaitu 86% dengan kategori sangat praktis.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arsyad, Azhar.2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Pane, Aprida. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.Vol.03 No.2

Pelangi Garris, 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. Vol. 8, No 2

Rahmatullah, Inanna, Dan Andi Tenri Ampa. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2)

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Nuhamedika

Riduwan.2016.Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta

Sigit Purnama. 2013. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahas Arab). LITERASI. 4(1): 21.

Sudjana, Nana Dan Ahmad Rivai. 2018. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Tanjung, Rahma Elvira, Dan Delsina Faiza. 2019. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” 7(2).

Yusandika, Ajo,Dian. 2018. Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science And Mathematics Education. Vol 01 No 3




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i1.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizki Pebrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.