TERMINOLOGI TARBIYAH, TA'LIM, DAN TA'DIB DALAM PERSPEKTIF NAQUIB AL-ATTAS

Ruma Mubarak

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan konsep ta’dib dalam pandangan Naquib al-Attas yang dikomparasikan dengan istilah tarbiyah dan ta’lim. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dimana penulis mengunakan metode penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada. Selain itu penulis juga menggunakan studi teks. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode content analysis. Adapun kesimpulannnya; Pertama, tarbiyah dalam pandangan al-Attas terlalu umum mengingat penggunaan term terbiyah dalam medan semantiknya telah mengalami perluasan pada spesies-spesies lain seperti hewan, tanaman bahkan sampai pada benda-benda mikro organik seperti mineral. Kedua, istilah ta’lim dalam pandangan al-Attas masih terlalu umum dimana penggunaannya tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga selain manusia. Ketiga, bagi Naquib al-Attas istilah ta’dib lebih tepat untuk menjelaskan istilah pendidikan Islam karena adab adalah pengetahuan yang berujung pada pemahaman yang menghindarkan manusia dari kesalahan-kesalahan. Adab adalah pengetahuan yang mendisiplinkan diri manusia dalam segala aktivitas intelektual dan tingkah lakunya.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1981). Islam dan Sekulerisme. Terjemahan Karsijo Djojosuwarso. Bandung; Pustaka.

------------------------------------------------. (1984). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Terjemahan Haidar Baqir. Bandung; MIZAN.

Bakker, dkk. (1990). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta; Kanisius.

Fattah, Abdul Jalal. (1988). Min al-Ushul al-Tarbawiyah fi al-Islam. Terjemahan Herry Noor Ali. Bandung; Diponegoro.

Muhaimin, et.al., (2002). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung; Remaja Rosda Karya.

Mujamma’ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fadh. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Madinah Munawwaroh. 1411H.

Muzani, Syaiful. Islamisasi Ilmu. yang diterbitkan oleh al-Hikmah

Noeng Muhadjir. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Rake Sarasin.

Sardar, Ziauddin dan Merry Win Daves. (1992). Face Islam; Conversation Contempory Issue, Terjemahan A.E. Priyono dan Ade Armando. Bandung; MIZAN.

Sutrisno Hadi. (1987). Metode Research I. Yogyakarta; Andi Offset.

------------------. (1985). Dasar dan Teknik Research. Bandung; Tarsito.

Soejono, Abdurrahman. (1999). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta; Rineka Cipta.

Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Malang. (1996). Dasar-Dasar Kependidikan Islam. Surabaya; Karya Abitama.

Tafsir, Ahmad. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung; Remaja Rosda Karya.

W. J. S. Poerwadarminta. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ruma Mubarak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.