MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

Wasis Purwo Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji teori pemrosesan informasi untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa sehingga kemampuan berpikir kritis pada siswa dapat dioptimalkan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tinjauan literatur integratif. Analisis yang digunakan yaitu content analisys yang merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menarik kesimpulan dengan menemukan ciri-ciri pesan yang sistematis dan objektif dari berbagi sumber bahan yang terkait dengan topik pengkajian. Hasil kajian yaitu pemahaman yang tepat akan teori pemrosesan informasi membantu guru maupun pendidik untuk memberikan stimulus ataupun rangsangan yang menarik dalam proses pembelajaran sehingga siswa terstimulus untuk berpikir yang mana hal ini merupakan awal dari terbentuknya berpikir kritis.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Attwell, D., & Laughlin, S. B. (2001). An energy budget for signaling in the grey matter of the brain. Journal of Cerebral Blood Flow & Metabolism, 21(10), 1133-1145.

Callahan, J. L. (2010). Constructing a manuscript: Distinguishing integrative literature reviews and conceptual and theory articles. Human Resource Development Review, 9(3), 300-304.

Chun, M. M., & Wolfe, J. M. (2001). Chapter nine visual attention. Hoboken, NJ, USA: Wiley-Blackwell.

di Indonesia, K. B. K. S. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia: Rendah atau Tinggi?.

Ennis, R. H. (2011). Ideal critical thinkers are disposed to. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 4-4.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching . Boston: Allyn Bacon.

Lestari, R. B., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Penerapan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 134-145.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Putra, D. B. P. (2014). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana ditinjau dari teori pemrosesan informasi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rehalat, A. (2014). Model pembelajaran pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1-10.

Santrock, J.,W. (2021). Educational Psychology. New York: Mc.Graw Hill LLC.

Slavin, R., E. (2018). Educational Psychology. New York: Pearson.

Surya, H. (2013). Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar. Elex Media Komputindo.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wicaksono, H. (2020). Tujuan Tujuan Pendidikan Islam Berbasis MabÄ di ’ Khaira Ummah. Edukasia Islamika, 17-37.

Widana, I. W., Parwata, I., & Sukendra, I. K. (2018). Higher order thinking skills assessment towards critical thinking on mathematics lesson. International journal of social sciences and humanities, 2(1), 24-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i1.2489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wasis Purwo Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.