PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF

Khoirul Anwar

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bahasa Arab melalui media game interaktif. Dalam penelitian ini digunakan metode PTK yang terdiri dari dua tahap, yang dimulai dari perencanaan, kemudian pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Dilaksanakan pembelajaran dengan media video animasi pada siklus pertama. Kemudian menggunakan media game interaktif pada siklus kedua. Siswa kelas III MIN 3 Gunungkidul menjadi subyek dalam penelitian ini. Data-data yang dihasilkan digunakan untuk memantau penerapan media pembelajaran dan nilai yang dipeoleh siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar pada siklus pertama, pertemuan pertama dengan kontrol klasikal 60%, pertemuan kedua 70%, pertemuan pertama siklus kedua 82% dan dan yang kedua 87%. Dari data tersebut, penggunaan game interaktif sebagai media pembelajaran dalam materi Asmaul Hayawanat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afrizal, R. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Di SMKN 1 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh : UIN Ar-raniry.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dicheva, Darina, Christo Dichev, Gennady Agre, dan Galia Angelova. (2015). “Gamification in education : A systematic mapping study.” Journal of Educational Technology & Society 18, no. 3: 75–88.

Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, dan Aswan, Z. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryoko, S. (2009). Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5, (1).

Kapp, Karl M. (2012). The gamification of learning and instruction: game-based methods and strategies for training and education. San Francisco: John Wiley & Sons.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Rajawali Pers.

Polly, D., 2012. Homemade PowerPoint Game. http://wwild.coe.uga.edu/pptgames. Diakses pada 26 Oktober 2022.

Rismarini. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tapin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match”. Jurnal PTK & Pendidikan. Vol. 5, No. 1.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Siko, J. P., dan Barbour, M. K. 2012. Homemade PowerPoint Games: Game Design Pedagogy Aligned to the TPACK Framework. Computers in the Schools, 29(4), 339-354.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.

Uno, B. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i1.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoirul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.