PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SKI

Fachrurizal Bachrul Ulum

Abstract


Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind map berbasis aplikasi Canva pada siswa kelas VII. 3 MTs Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini didesain menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, yaitu pada bulan Mei. Siswa kelas VII. 3 MTs Negeri 1 Pemalang yang terdiri dari 32 siswa menjadi subjek penelitian ini. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 34,37 %, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 25 %. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 59,37 %. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran mind map dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. 3 MTs Negeri 1 Pemalang.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2008. Terj. Susi Purwoko. Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.

Direktorat Tenaga Kependidikan (2008). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Mawanto, Sri. 2018. “Implementasi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 3 Yogyakarta”. dalam Jurnal Tajdidukasi Volume VIII, No. 2, Juli 2018. Yogyakarta.Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rifanty, Epriliana. “Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur” dalam Jurnal JPSD no X Tahun 2019. Yogyakarta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pranata Media.

Supriyadi. 2005. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Widiyanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran (Sesuai Dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur. Madiun: Unipma Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v12i1.2129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fachri Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.