ADAB PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Adab adalah merupakan bagian pendidikan yang sangat penting, berkaitan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, baik individu ataupun berhubungan dengan sosial masyarakat. Adab yang baik akan memberikan pengaruh dalam kehidupan sehingga ada pepatah yang mengatakan “Al-Adabu Fauqal Ilmi” (adab itu lebih tinggi dari ilmu”. Oleh karena itu nilai yang terkandung dalam agama perlu diketahui, dipahami, diyakini dan diamalkan oleh manusia agar dapat menjadi dasar kepribadian sehingga dapat menjadi manusia yang utuh. Mengingat begitu pentingnya adab dalam kehidupan sampai hal terkecil pun mempunyai aturan tersendiri. Fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini, sebagai cermin tentang merosotnya adab siswa-siswi dalam pelaku pendidikan, baik dari segi pemimpin pendidikan, guru dan peserta didik. Kondisi tersebut akan berdampak terhadap kualitas pendidikan yang diharapkan. Salah satu contohnya adalah adab atau etika yang sudah semakin jauh atau hampir hilang di setiap orang termasuk pada anak didik. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya siswa atau mahasiswa yang tidak mempunyai sopan santun dalam berbicara, berprilaku dan berpakain yang tidak sesuai dengan konsep ajaran Islam, melanggar nilai-nilai akhlak atau etika.
Kata Kunci : Adab, Pendidikan, PembelajaranFull Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i2.2102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asad Asad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.