Institusi Pendidikan Islam Sebelum Madrasah: Masjid dan Kuttab
Abstract
Pendidikan pada masa Rasululla>h saw. dapat dibedakan menjadi dua periode: periode Makkah dan periode Madinah. Sistem pendidikan Islam lebih bertumpu kepada Nabi saw. Bahkan, tidak ada yang mempunyai kewenangan untuk memberikan atau menentukan materi-materi pendidikan, selain Nabi. Pada perkembangan berikutnya kuttab yang ada memuat kurikulum tingkat awwal dan qanuni. Ketika peserta didik selesai mengikuti pendidikan di kutta>b, mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni di masjid. Di masjid ini, ada dua tingkat, yakni tingkat menengah dan tingkat tinggi. Yang membedakan di antara pendidikan itu adalah kualitas gurunya. Pada tingkat menengah, gurunya belum mencapai status ulama besar, sedangkan pada tingkat tinggi, para pengajarnya adalah ulama yang memiliki pengetahuan yang mendalam dan integritas kesalehan dan kealiman yang diakui oleh masyarakat.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v6i2.204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 TAZKIYA
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.