HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Panyabungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat komunikasi guru dengan siswa terhadap hasil belajar PAI. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi guru dengan siswa di SMK Negeri 1 Panyabungan menunjukkan skor tertinggi yang dicapai oleh sampel sebesar 89 dan skor terendah sebesar 62. Dengan perolehan skor rata-rata (mean) sebesar 62,5. Standar devisiasi diperoleh sebesar 2,046. Sedangkan nilai pertengahan (median) diperoleh sebesar 65,81 dan skor yang paling sering muncul (modus) memiliki skor 67,23. Skor Komunikasi Guru dengan Siswa Kelas XI Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Panyabungan berdasarkan hasil perhitungan di atas tergolong tinggi karena mencapai rata rata 62,5, dan dalam hasil belajar dicapai oleh sampel sebesar 93 dan skor terendah sebesar 66. Dengan perolehan skor rata- rata (mean) sebesar 56,77. Standar devisiasi diperoleh sebesar 3,041. Sedangkan nilai pertengahan (median) diperoleh sebesar 59,48 dan skor yang paling sering muncul (modus) memiliki skor 62,35 Jika ditinnjau dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 56,77 menunjukkan kategori sedang. Perhitungan angka korelasi antara variabel X dan Y berjalan searah menunjukkan korelasi positif. Dengan memperhatikan besarnya rxy yaitu: 0,54 yang besarnya berkisar antara 0,60-0,80 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y adalah termasuk korelasi positif yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik komunikasi guru dengan siswa, maka semakin baik hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Komunikasi, Guru, Siswa, Hasil BelajarFull Text:
PDF (Indonesian)References
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nana, S. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset
Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CAPS.
Laksana, M. W. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Foss, K. A. & Stephen W. Littlejohn. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arivai, B. A., & Pekanbaru, N. P. (2017). Vwxghqw¶v lqghshqghqfh. 4(1), 1–14.
Fathurrohman, I. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa terhadap Perilaku Belajar Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2, 13–21.
Jemi Karter, Huber Yaspin Tandi, Y. G. (n.d.). HUBUNGAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN INPRES 2 LOLU Oleh: Elementary School of Education E-Journal, 1–8.
Khamid, N. (2018). Peranan Komunikasi Guru Dengan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Studi Kasus Di Mi Khoiriyatul Ulum. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 209–223. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2811
Krisnawati, E., & Hanasih, Y. P. (2017). Proses Komunikasi Diadik Antara Guru dengan Siswa Tunagrahita Ringan (Studi Kasus di SMP Negeri 10 Pekalongan). … : Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/990%0Ahttp://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/990/943
Qomsiatun Munawaroh, M. B. (2020). HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DENGAN Jenius : Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues. 1(2), 90–97.
Riani, D. A. dan H. (2017). HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SSISWA DI SMP NEGERI 74 JAKARTA. Edukasi IPS, 01(1), 21–30.
Rindiani, D. E., & Safitri, D. (2018). Edukasi IPS. 02(1), 29–34.
Sahabuddin, C. (2015). Hubungan komunikasi belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah menengah kejuruan negeri I Kabupaten Majene. Jurnal Pepatuzdu, 10(1), 17–30.
Setiawati, I. M. Z. A. (2019). Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang, 0581(2), 1–13. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3374
Suwarni, S. S. E. J. P. U. (n.d.). HUBUNGAN KOMUNIKASI NON VERBAL OLEH GURU DENGAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES ISLAMIYAH KABUPATEN KUBU RAYA serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang diucapkan , tetapi tubuh juga merupakan media komunikasi yang sangat efek. 247–256.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v11i2.1680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Irsan Barus, Tika Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.