RELEVANSI ISLAMIC WORLDVIEW DENGAN PARADIGMA PEMIKIRAN THOMAS KUHN

Fitri Ramadhani

Abstract


This study aims to elaborate on the concept of Thomas Kuhn's paradigm of thought and Islamic Worldview. Discusses the characteristics of Thomas Kuhn's scientific revolution paradigm and its relevance to the Islamic Worldview. This research is descriptive research that uses a qualitative approach through library research data collection methods. The data that has been collected is used as a source of information to be analyzed in this study. There are similarities and relevance between Thomas Kuhn's paradigm of thought and the Islamic Worldview. Thomas Kuhn's paradigm of thought is divided into a metaphysical paradigm, a sociological paradigm, and a construct paradigm, while its relevance in the Islamic Worldview is the epistemology of Bayani, Burhani, and Irfan. As well as the concept of incommensurable which is in line with ijtihad.

Keywords: Paradigm of Thought; Islamic Epistemology; Islamic Worldview


Full Text:

PDF

References


Almas, Afiq Fikri. “Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu Dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learningdan Discovery Learning).” At-Tarbawi Vol 3, no. No 1 (Juni 2018).

Amin, A.Rifqi. Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipler. Yogyakarta: Pelangi Aksara, 2015.

Asrowi, Asrowi. “Ijma dan Qiyas dalam Hukum Islam.” Jurnal Aksioma Al-Musaqoh 1, no. 1 (2018).

Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Yogyakarta: Mizan, 2005.

Damayanti, Septi Nur, dan Hamka Mujahid Ma’ruf. “Epistemologi Saintifik Thomas S. Kuhn terhadap Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Filsafat Indonesia Vol 1, no. No 3 (2018).

Digarizki, Iftahul, dan Arif Al Anang. “Epistemologi Thomas S. Kuhn: Kajian Teori Pergeseran Paradigma dan Revolusi Ilmiah.” Jurnal Humanitas Vol. 7 No. 1, Desember 2020 Vol 7, no. No.1 (Desember 2020).

Dodi, Limas. “Metode Pengajaran Nahwu Shorof (Ber-kaca dari Pengalaman Pesantren).”Tafaqquh 1, no. 1 (Mei 2013).

Farabi Dinata, Muhd. “Qiyas sebagai Metode Penetapan Hukum Islam,” t.t.

Ghozali Ihsan, Ahmad. “Pengembangan Ilmu Ushul Al Fiqh.” al-ahkam 2, no. 2 (2017). Junaidi,dkk, H. “Metode Ilmiah dalam Islam.” Jurnal Islamika 14, no. 2 (2014).

Kesuma, Wira Hadi. “Epistemologi Bayani, Irfani dan Burhani Al-Jabiri dan Relevansinya Bagi Studi Agama Untuk Resolusi Konflik dan Peacebuilding.” Syi’ar 18, no. 1 (Juni 2018).

Komaruddin, Komaruddin. “Falsifikasi Karl Popper dan Kemungkinan Penerapannya Dalam Keilmuan Islam.” Jurnal at-Taqaddum Vol 6, no. No 2 (November 2014).

Masfuful Fuad, Ahmad. “Qiyas sebagai Salah Satu Metode Instinbat al-hukm.” Mazahib XV, no. 1 (Juni 2016).

Mufrodi Mawardi, Udi. “Dialektika, Logika, Metafisika, Metode Ilmiah, dan Ijtihad dalam Tradisi Skolastik Islam.” al-Qalam 25, no. 3 (September 2008).

Muslih, Muhammad. “Pengaruh Budaya dan Agama Terhadap Sains Sebuah Survey Kritis.”Jurnal TSAQAFAH 6, no. 2 (Oktober 2010).

Mutakallim. “Menelusuri Bangunan Epistemologi Keislaman Klasik (Epistemologi Bayani, Burhani dan Irfani).” Jurnal Pendidikan Kreatif 1, no. 1 (2020).

Muzaki, Iqbal Amar, dan Ahmad Tafsir. “Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Islamic Worldview.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018).

Nurkhalis, Nurkhalis. “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn.” Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol 11, no. No 2 (2012).

Putri, Fia Alifah, dan Wahyu Iskandar. “Paradigma Thomas Kuhn: Revolusi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan.” Nizhamiyah Vol 10, no. No 2 (2020).

Rangkuti, Charles. “Implementasi Metode Bayani, Burhani, Tajrib dan Irfani dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Waraqat I, no. 2 (Juli 2016).

Salim Lubis, Agus. “Epistemologi Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya dalam Studi Al-Quran.” Hermeunetik 8, no. 1 (Juni 2014).

Taqiyuddin, Muhammad. “Pengertian, Elemen, dan Karakter Worldview dalam Pandangan Barat- Sekuler, Kristen, dan Islam,.” researchgate.net, Maret 2016.

Trisakti, Sonjoruri B. “Thomas Kuhn dan Tradisi Inovasi dalam Langkah Metodologi Riset Ilmiah.” Jurnal Filsafat Vol 18, no. No 3 (Desember 2008).

Ulya, Inayatul, dan Nushan Abid. “Pemikiran Thomas Kuhn dan Relevansinya terhadap Keilmuan Islam.” FIKRAH: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan Vol 3, no. No 2 (Desember 2015).

Zarkasyi, Hamid Fahmy. “Worldview Islam dan Kapitalisme Barat.” Jurnal TSAQAFAH 9, no. 1 (April 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v10i2.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Ramadhani

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.