PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA KEGIATAN TASQIF DI YAYASAN IMTIYAZ INSAN MULIA KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, S., Sahib, A., AN, A. N., Marsyal, F. D., & Hasibuan, Z. E. (2024). Eksistensi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kefasihan Pelafalan Huruf Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Jorong Paninjauan. Marsialapari: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 85–98. https://ejournal.yayasanbhz.org/index.php/Marsialapari
Addaraini, A. N., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Metode Halaqah Sebagai Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santriwati Kelas X MA Al-Mukmin Surakarta. Jurnal Tarbiyah, 30(2), 272–283. https://doi.org/10.30829/tar.v30i2.3220
Amin, M., & Ramli, M. (2019). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al Qur’an Pada Anak-Anak Di Tpa Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 19(2), 161–178. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v19i2.124
Arif, K. M., Uyuni, B., & Oktapiani, M. (2022). The Relationship Between the Intensity of Reading the Qur’an on Learning Achievement. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4481–4488. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2240
Arifin, M. A. (2021). Pentingnya Bahasa Arab Bagi Umat Islam Di Pedesaan. Al’Adalah, 24(1), 11–17. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.44
Asfahani, & Hajar, I. (2023). Efektifitas Metode Baghdadiyah dalam Pembelajaran Membaca Al- Qur ’ an siswa SMP. Jurnal Global Education, 1(01), 15–26. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.137
Asngari, M. S., & Alena, A. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(8), 305–310.
Aziiz, M. R., & Rodiyah, S. K. (2024). Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Jabal Noer Geluran Taman Sidoarjo. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 298–317. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i3.1107
Azizah, L., Hasan, N., & Dina, L. nur A. B. (2020). Strategi Bimbingan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) melalui Metode Jibril bagi Siswi Kelas X SMA Al-Rifaie Gondang legi Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(7), 74–80. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Fauji, I., Fahyuni, E. F., Muhid, A., & Fahmawati, Z. N. (2020). Implementing Child-Friendly Teaching Methods To Improve Qur’an Reading Ability. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 69–78. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8078
Hadi, S. (2023). Implementasi Metode Qur`Ani Sidogiri Dalam Menunjang Kemampuan Membaca Al-Qur`an Di Madrasah Ibtida`Iyah. Gahwa Jurnal Of Islamic Education, 1(2), 1–15. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61815/gahwa.v1i2.237
Hakim, L. (2021). Eksistensi Metode Jibril Dalam Bina Baca Al-Quran. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 61–73. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Jahrani. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Dewasa di Masjid Al-Firdaus. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 342–353. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/38
Kamal, M. A. M., Norwawi, N. M., Noh, N. A., & Mohd, R. A. (2022). THE USE OF RUQYAH QUR ’ ANIYAH THERAPY ON THE EFFECT OF BRAIN WAVES HEALING TOURETTE SYNDROME PATIENTS. Analisa Journal of Social Science and Religion, 07(02), 231–248. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18784/analisa.v7i2.1778
Laily, S. R. N., & Syarif, N. (2023). Efektifitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Prambon Nganjuk. Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 124–137. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61227/injuries.v1i3.58
Lizawati, & Romelah. (2022). Implementasi Pembelajaran Pai Pada Materi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Kelas 1 SDN 001 Ranai Kabupaten Natuna. Research and Development Journal of Education, 8(2), 757–761. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13871
Masrukin, A. (2023). Implementasi Metode Pendidikan Jibril dalam Mengembangkan Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Singosari. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 115–126. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata
Mujahidin, E. (2020). Tahsin Al-Qur’an untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 26–31. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216
Mulyani, H. (2018). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294
Nasirudin, M., Faizah, M., Ashar, S., & Dewi, M. K. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran di Pondok Sabilul Huda. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 127–131. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/2018
Prisandi, R., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). Implementasi Metode Jibril dalam meningkakan kemampuan membaca AL-Qur’an pada siswa kelas V di SDIT Al-Qolam Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 236–245. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.579
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 35–58. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i1.163
Rahmah, Y. A., Faridi, & Nur Afifah Khurin Maknin. (2021). Al-Qur’an Learning Model On The Qur’anic Fun Camp in Probolinggo. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 271–285. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4860
Saputra, H., & Awalia, R. (2023). Penggunaan Metode Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 425–432. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/51
Satrisno, H. (2017). Pentingnya Motivasi Diri (SELFT MOTIVATION) dalam Membaca ALQURAN. At-Ta’lim, 16(1), 72–88. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.822
Wahid, A., Mahmud, N. B., Asnawiyah, & Nazaryani. (2023). STUDY ON THE NURUL QURAN METHOD AT THE SYAKIRIN CENTER OF AL-QUR’AN EDUCATION. JURNAL ILMIAH AL MU’ASHIRAH: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 20(2), 369–385. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jim.v20i2.19861
Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi : Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital. PROCEDING Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 517–527. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/4877
Wardany, D. K. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 977–992. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1833
Yuliawanti, A. (2020). Peran guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran di TPQ Lu’luil Ma’nun Desa Kebanggan Kecamatan Moga. Jurnal Lmiah Promis, 1(1), 51–70. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.58410/promis.v1i1.158
Zuhri, S., Sarnoto, A. Z., & Amalia, N. (2023). Pembelajaran Al Qur’an pada Usia Dewasa Berdasarkan Psikologi Perkembangan dan Neurosains. ANDRAGOGI: Jurnal Pendidikan Islam Dan Managemen Pendidikan Islam, 5(2), 121–142. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v5i2.683
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.4055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.