UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMK NEGERI 6 SUKOHARJO

Ahmad Sobari, Hakimuddin Salim

Abstract


Guru PAI memberikan dampak pengaruh positif yang sangat besar terhadap perilaku dan sikap siswa di lingkungan sekolah. Fokus baru-baru ini adalah pada sikap sekolah terhadap keberagaman dan moderasi beragama. SMK Negeri 6 Sukoharjo merupakan sekolah yang memiliki siswa yang heterogen baik dari perbedaan latar belakang agama, ras, ataupun bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Negeri 6 Sukoharjo. Metodologi kualitatif dan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, digunakan dalam penelitian ini. Untuk narasumber utama adalah guru PAI dan narasumber pendukung adalah peserta didik. Hasil dari teknik pengumpulan data memakai metode observasi dan wawancara. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Negeri 6 Sukoharjo di lakukan pada saat pembelajaran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, serta program pembiasaan terhadap peserta didik seperti, kegiatan rutin kerohanian, kebersihan massal di area sekolah dengan melibatkan seluruh anggota sekolah, kegiatan gotong royong dilakukan

Full Text:

PDF

References


Syarnubi, S., Fauzi, M., Anggara, B., Fahiroh, S., Mulya, A. N., Ramelia, D., ... & Ulvya, I. (2023, August). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama. In International Education Conference (IEC) FITK (Vol. 1, No. 1, pp. 112-117). https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/772

Soean, S., Nur, I., & Wekke, I. S. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Moderasi Beragama Di SMK Yapis Teminabuan. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 6(1), 1-25. DOI: https://doi.org/10.47945/transformasi.v6i1.816

Syamsudin, A. (2020). Analisis Kesalahan Coding Pemrograman Java pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 102-114. DOI: 10.30762/f_m.v2i2.1711

Ristianah, N. (2020). Internalisasi nilai-nilai keislaman perspektif sosial kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-13. www.ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat

Darmadji, A. (2011). Pondok pesantren dan deradikalisasi Islam di Indonesia. Millah: Journal of Religious Studies, 235-252. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art12

Damanik, S. N. (2021). Strategi Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan Komite Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13699

Ridwanurrohaman, D., & Hafidz, H. (2024). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII SMK NEGERI 6 SUKOHARJO. JURNAL TARBIYAH, 31(1), 57-68. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3406

Atqia, W., & Abdullah, M. S. R. (2021). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai moderasi agama di tengah polemik islamophobia. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(1), 65-77. DOI: https://doi.org/10.52266/tadjid.v5i1.631

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=x6UOPr0AAAAJ&citation_for_view=x6UOPr0AAAAJ:2osOgNQ5qMEC

Rita, F. N., & Iswantir, I. (2022). Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 493-503. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3798

Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Sikap Keberagaman dan Moderasi Beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115-130. DOI: https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616

Hidayat, A., & Rahman, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 22 Padang. Islamika, 4(2), 174-186. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v4i2.1742

Mahmudin, A. S. (2019). Pendidikan Islam dan Kesadaran Pluralisme. Journal Ta'limuna, 7(1), 24-44. DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ta.v7i1.146

Badry, I. M. S., & Rahman, R. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573-583. http://annuha.ppj.unp.ac.id/

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95-107. DOI: https://doi.org/10.52657/jfk.v3i2.387

Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 181-190. DOI : 10.29240/JBK.V4I2.1935

Kosasih, A. (2015). Konsep Pendidikan Nilai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://mynida.stainidaeladabi.ac.id/asset/file_pertemuan/d3fd8-konsep_pend._nilai-2-.pdf

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59-70. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Iffan, A., Nur, M. R., & Saiin, A. (2020). Konseptualisasi moderasi beragama sebagai langkah preventif terhadap penanganan radikalisme di Indonesia. PERADA, 3(2), 187-187. DOI: https://doi.org/10.35961/perada.v3i2.220

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 5-13. https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/62

https://www.radenintan.ac.id/konsep-moderasi-beragama-menurut-rektor-uin-raden-intan-lampung/

Ri, T. P. K. A. (2019). Moderasi beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/upload/files/Moderasi_Beragama_di_Tengah_Isu_Kontemporer.pdf

KBBI Daring. 2008. Entri “moderasi”. Diakses 2024. https://kbbi.web.id/moderasi




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.