EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT CURRICULUM IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN DELI SERDANG REGENCY
Abstract
References
Al Fasya, S., Nursinah, S., & Fahri, M. (2022). “Konsep Hard Skill dan Soft Skill Guru” Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1), 30-33. https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/24.
Alimuddin, J. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/995.
Alwi, A. M., Arsyam, M., Syam, M. N., Wekke, I. S., & Sulaiman, U. (2023). “Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 1-13. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/view/168.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut” Jurnal Basicedu, 6(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3149.
Anggraini, M., Samosir, F. S., & Nihaya, W. (2022). “Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Sekolah (Melalui Kajian Teori-teori Kepemimpinan yang Sesuai Diterapkan untuk Sekolah)” Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10-17. https://karya.brin.go.id/15012/1/Abdi%20Cendekia_Melisa%20Anggraini_Universitas%20Muhammadiyah%20Sumatera%20Utara_2022_2.pdf.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD” Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. http://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960.
Assingkily, M. S. (2020). “Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62-77. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/263.
Bandono, A. (2020). Model Pembelajaran. Naval Collaboration Flexible Learning (NCFL). Elmarkazi Publisher.
Davani, D. (2022). “Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah” Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(2), 87-91. https://www.zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/51.
Fadhli, R. (2022). “Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar” Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2). https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/jee/article/view/4230.
Fauzi, A. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak” Jurnal Pahlawan, 18(2), 20-30. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3049829&val=21678&title=Implementasi%20Kurikulum%20Merdeka%20Di%20Sekolah%20Penggerak%20%20Studi%20Kasus%20Pada%20SMAN%201%20Pengaron%20Kabupaten%20Banjar.
Hamzah, M. I. M., Purba, A. Z., Abdullah, B. M., Siregar, N. A., & Siregar, N. E. (2022). “The Urgency of Citizenship Education for Elementary Age Children” Journal of Contemporary Islamic Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.61253/jcipe.v1i2.86.
Hasibuan, A. R. H., Aufa, A., Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9513.
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). “Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, 6(6). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4175.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rokhimawan, M. A. (2023). “Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/1714.
Maulana, M. A., Ubaedillah, U., & Rizqi, Z. F. (2022). “Hubungan Level Good Governance Kepala Sekolah dengan Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar” The Academy of Management and Business, 1(3), 134-144. https://www.edumediasolution.com/tamb/article/view/184.
Mustaqim, M. (2016). “Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif” Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://ejournal.unisnu.ac.id/ji/article/view/1351.
Muzakki, M., Santoso, B., & Alim, H. N. (2023). “Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Islam di Sekolah Penggerak” Jurnal Papeda, 5(2). https://scholar.google.com/citations?user=a3y5gKkAAAAJ&hl=id&oi=sra.
Nugraheni, D., & Siswanti, H. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SD Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten” JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 6(1), 53-61. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/2575.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17-34. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/3769.
Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). “Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah-Sekolah Penggerak” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3). https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/2548.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak” Jurnal Basicedu, 6(4). https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak.
Sembiring, F. I., Rofiah, S., & Wandini, R. R. (2022). “Efforts to Improve Student Learning Outcomes in Learning Time Measurement Materials Through the Use of Wall Clock Media” Journal of Contemporary Islamic Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.61253/jcipe.v1i1.38.
Siddiqui, M. H., Sembiring, A. B., Antika, D., Pangaribuan, S. A., & Hasibuan, T. P. (2022). “Citizenship Education-Based Children’s Character Development” Journal of Contemporary Islamic Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.61253/jcipe.v1i2.87.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/952.
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N. & Ermita, E. (2022). “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila bagi Guru di Sekolah Dasar” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/2075.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, 6(5). https://www.neliti.com/publications/444639/analisis-implementasi-kurikulum-merdeka-di-sekolah-penggerak-sekolah-dasar.
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar” Journal on Education, 5(2). https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/796.
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773-779. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/3291.
Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azahra, S., & Maharani, S. P. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak” Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 1(4), 179-188. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/860.
Velmurugan, T. (2023). “The Influence of Principal Leadership and Teacher Commitment on Student Learning Achievement at Ayer Tena Secondary, Ethiopia” Journal of Contemporary Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.61253/jcipe.v2i1.178.
Wuwur, E. S. P. O. (2023). “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-9. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/1417.
Zakso, A. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916-922. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/65142.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i2.3848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.