PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MENUJU PEMBELAJARAN EFEKTIF SEBUAH ANALISIS KRITIS

YUSUF HADIJAYA

Abstract


Kurikulum Integratif Pengembangan pada Dasar dan Menengah Pendidikan Menuju Pembelajaran Efektif. Kebijakan pendidikan membuat lakukan dengan penilaian responsif terhadap kebutuhan individu dan masyarakat. Dengan demikian  Kurikulum 2013 Mengembangkan yang sering disebut-sebut sebagai kurikulum integratif. Mengembangkan Kurikulum ini memiliki filosofi, psikologi, paedogogik, dan yayasan sosial - budaya. Pendekatan modern, teori, dan ilmu tentang perkembangan anak, pendidikan oleh orang tua, dan bagaimana mendidik anak-anak, espescially pada usia mereka sebelumnya telah meningkat di era keemasan Islam Peradaban oleh para ahli dan ilmuwan Muslim. Views Kurikulum integratif dalam suatu mata pelajaran inti pelajaran harus benar-benar terintegrasi secara. Subjek kurikulum ini akan berguna secara fungsional dan dapat meningkatkan kemampuan siswa baik dalam proses dan produk. Subjek selalu aktual dan up to date sesuai dengan pertumbuhan dan tuntutan masyarakat holistik siswa, sehingga materi pelajaran selalu relevan dengan minat siswa, hadiah, dan potensi. Untuk mengimplementasikan kurikulum integratif, guru harus memiliki kemampuan untuk melaksanakan bervariasi dari strategi belajar mengajar. Akhirnya, evaluasi kurikulum sebagai salah satu komponen dalam pengambilan keputusan yang sangat berguna untuk mengembangkan program pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i2.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.