KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR

Rini Nurwana Saragih, Mahariah Mahariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru pai dalam meningkatkan mutu pendidikan agama islam di SMAS Sultan Agung Pematangsiantar. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini bersifat studi kasus, tepatnya di SMAS Sultan Agung Pematangsiantar. Adapun pendekatan yang digunakan berbentuk kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman, yakni reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan sebagai berikut. (1)Upaya Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, (2)Faktor pendukung yang didukung penuh oleh kepala sekolah serta fasilitas dan ketertarikan siswa juga mendukung dan penghambat kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam,(3)Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang tergolong berhasil karena berkualitasnya kreativitas guru PAI di SMAS Sultan Agung Pematangsiantar, (4)Peningkatan Mutu PAI melalui Program Keagamaan yang dinamakan PHBI (Panitia Hari Besar Islam).

Full Text:

PDF

References


Ananso, I. (2023). Unleashing the power of creativity in teaching: Nurturing the minds of tomorrow. Merilebon Academy.

Bali, S., & Liu, M. C. (2022). Education and economic growth in developing countries: A panel data analysis. International Journal of Educational Development, 87, 102505. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102505

Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Brinkmann, S. (2013). Qualitative interviewing. Oxford University Press.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dalimunthe, J., & Sapri. (2023). Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kekurangan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Fikih. Journal of Education Research, 4(3), 1231-1240.

Fauzan, F. A., Hasbiyallah, & Fikri, M. (2022). The creativity of Islamic religious education teachers for effective learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 2(2), 121-123.

Han, W., & Abdrahim, N. A. (2023). The role of teachers’ creativity in higher education: A systematic literature review and guidance for future research. ScienceDirect.

Irsyaduna, A. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK TEKKOM MBM Rawalo. Eprints UIN Saizu, 317(1). https://eprints.uinsaizu.ac.id/317/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf

Kawulich, B. B. (2005). Participant observation as a data collection method. Forum: Qualitative Social Research, 6(2), Art. 43. https://doi.org/10.17169/fqs-6.2.466

Klish, S. J., & Skelton, S. M. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Cidokom 03 Bogor. Repository UMJ, 5058(1). https://repository.umj.ac.id/5058/1/skripsi%20agnes%20aprilia.pdf

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Mujahidin, E., Hafidhuddin, D., & Syafruddin, S. (2020). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Etheses UIN Malang, 13293(1). http://etheses.uin-malang.ac.id/13293/1/14110064.pdf

Murniati, I. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di TPQ Al Mujahidin. Repository UIN Saizu, 371(2).

Nurbaeti, N., et al. (2021). Tafsir Fi Zhilalil-Qur’an.

Patton, M. Q. (2020). Qualitative research and evaluation methods (4th ed.). SAGE Publications.

Raihani, R. (2007). Education reforms in Indonesia in the twenty-first century. International Education Journal, 8(1), 172-183.

Saputro, T. (2015). Character of head school in effort up pearl islamic a education (in SMP Darul Ulum Agung Kedung Kandang Kabupaten Malang). Skripsi, Islamic Education.

Soleh, M., & Nirwana, A. (2023). Principles of radicalism Sayyid Qutb perspective in Tafsir Fi Zhilalil Quran. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 676, 116-125.

Stake, R. E. (2013). Multiple case study analysis. Guilford Press.

Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian education landscape and the 21st century challenges. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 219-234.

Suryahadi, A., & Sambodho, P. (2013). Assessment of policies to improve teacher quality and reduce teacher absenteeism. In Suryadarma, D., & Jones, G. W. (Eds.), Education in Indonesia, 141-160. Institute of Southeast Asian Studies.

Yin, R. K. (2021). Case study research and applications: Design and methods (7th ed.). SAGE Publications.

Yulianti, K., Denessen, E., & Droop, M. (2020). The effects of teacher training on teacher practices and student outcomes in Indonesian primary schools. Asia Pacific Education Review, 21(1), 49-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.