KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENERAPKAN KEGIATAN P5 PPRA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTsN 2 ACEH BARAT
Abstract
MTsN 2 Aceh Barat merupakan madrasah Tsanawiyah yang menggunakan kurikulum merdeka di kabupaten Aceh Barat. Persiapan dan pelaksanaan dimulai pada tahun ajaran baru 2022/2023. Dewan guru dan waka kurikulum masih bingung dan belum paham benar bagaimana menerapkan pembelajaran projek P5 PPRA, perencanaan yang kurang matang dari pimpinan madrasah, dan pelaksanaan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, bahkan pada akhirnya kegiatan P5 PPRA ini pun mandeg dengan sendirinya. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan analisis data. Kepala Madrasah dalam penyusunan rencana kegiatan P5 PPRA belum maksimal, masih terdapat kekurangan fasilitas tong sampah sebagai sarana kegiatan projek yang akan dilaksanakan sesuai tema yang telah dipilih. Perencanaan yang disusun Kepala Madrasah tidak mengakomodir seluruh keberagaman siswa sehingga penetapan tema-tema projek yang direncanakan tidak sepenuhnya efektif diterapkan, SDM Madrasah belum memiliki pengetahuan cukup tentang kegiatan P5 PPRA. Pelaksanaan kegiatan P5 PPRA di Madrasah tidak berjalan baik, hanya berlangsung selama waktu enam bulan sejak diterapkan, dan mandeg karena tidak ada instruksi yang jelas dari pimpinan madrasah. Kendala Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam menerapkan P5 PPRA berasal dari Siswa, Lingkungan, dan Madrasah itu sendiri. Dapat digambarkan secara singkat bahwa siswa kurang motivasi belajarnya, lingkungan keluarga siswa kurang mendukung perkembangan belajar siswa, dan selain itu lemahnya SDM Madrasah terhadap pemahaman tentang P5 PPRA serta tidak menguasai digital learning.
Full Text:
PDFReferences
Aini, S. (2021). Manajemen Kepala Sekolah. Perdana Publishing.
Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., Fatonah, N., Indriani, S. A., Asyifiya, S. N., & Rohmah, A. (2024). Manajemen Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah. Cahaya Smart Nusantara.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.
Badrudin, Aan. K, Wijaya C, dkk. (2021). Effect of spiritual intelligence on spiritual health during the COVID-19 pandemic. HTS Teologiese Studies/Theological Studies ISSN: (Online) 2072-8050, (Print) 0259-9422. https://hts.org.za/index.php/hts/article/view/659
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi Republik Indonesia. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Penerbit: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi
Dirawat. (2006). Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah. Pustaka Setia.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Fadhli M, Dkk. (2024). Perspective on improving school quality: the influence of teamwork and curriculum effectiveness in Islamic schools. Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 18, No. 3, August 2024, pp. 858~867 ISSN: 2089-9823 DOI: 10.11591/edulearn.v18i3.21226.
Fitri, A. A., & Permatasari, T. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 669–677.
Hakim, M. N. (2018). Upaya Kepala Madrasah Dalam Membina Budaya Religius. IMPROVEMENT: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 5(1), 74–88.
Hersey, P., & Blanchard, K. (1993). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Manusia. Erlangga.
Huseno, T. (2021). Kinerja Pegawai: Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan, Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja. MNC Publishing.
Irwanto, I., Susrianingsih, S., Habibi, H., & Ardat, A. (2023). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Madrasah: Analisis Tentang Model dan Implementasinya. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 162–174.
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Junias Zulfahmi & Samsuar A. Rani. (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif Era Pandemi Pada SMP Kabupaten Nagan Raya. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah Vol.13, No.2, Desember 202. DOI: https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i2.1381
Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mesiono, & Aziz, M. (2020). Manajemen Dalam Persfektif Ayat Ayat Alquran. Perdana Publishing.
Mulyasa. (2012). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.
Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409.
Nawawi, H. (1995). Administrasi Pendidikan. Gunung Agung.
Rahmat, A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Zahir Publishing.
Reksohadiprojo, S., & Handoko, T. H. (2007). Gaya Kepemimpinan. BPFE.
Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.
Roja, A., & Salim, H. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Peserta Didik: Analisis Model dan Strategi Pencapaian. Hikmah, 20(2), 261–271.
Rostikawati, D. (2022). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cipta Media Nusantara.
Solana, M. R., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418.
Sulistiyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Elkaf.
Syarifah, L. S. (2019). Implementasi pendidikan karakter: Sebuah kajian ilmiah dari perspektif gaya kepemimpinan kepala sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–21.
Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, M., Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas Dalam Pendidikan Karakter siswa. Journal on Education, 5(5), 9768–9775.
Wahjosumidjo. (1991). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alpabeta.
Wijaya, C. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter: Membentuk Nilai-nilai dan Kualitas Karakter Positif Siswa. Umsu Press.
Wijaya, C. dkk. (2021). Management of Islamic Education Based on Interreligious Dialogue in The Learning Process in Schools as An Effort to Moderate Religion in Indonesia. REVIEW OF INTERNATIONAL GEOGRAPHICAL EDUCATION ISSN: 2146-0353. DOI: 10.48047/rigeo.11.05.310
Yusuf, R. M. (2018). Komitmen Organisasi. Nas Media Pustaka.
Zamroni, A. (2022). Paduan Pengembangan Pojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Dirjen Pendis Kementerian Agama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.