KECENDERUNGAN LITERASI MEMBACA BUKU DI PERPUSTAKAAN PADA GENERASI Z
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adhari, F. N., Hanipah, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Literasi Baca Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 36–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3232
Adriyanto, A. R., Santosa, I., & Syarief, A. (2019). Memahami Perilaku Generasi Z Sebagai Dasar Pengembangan Materi Pembelajaran Daring. Jurnal Seminar Nasional: Seni, Teknologi Dan Masyarakat, 2(2013), 165–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33153/semhas.v2i0.116
Afdi, M. F. (2018). PERAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 47 JAKARTA. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anjarningsih, harwintha Y. (2021). “Disleksia-perkembangan” di indonesia: perspektif siswa dan guru. yayasan pustaka obor indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.
Binanusantara. (2023). MENGENAL GEN Z. Binus Higher Education. https://parent.binus.ac.id/2023/09/mengenal-gen-z/
BPS. (2020). JUMLAH PENDUDUK GENERASI Z. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0
Bustomi, Y., Gunadi, F. R., & Dewi, R. S. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU”: Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 196–206.
Dewi Rahayu, R. B. (2023). Strawberry generation: self reward pada mahasiswa antropologi unimed dalam mengatasi stres akibat tugas perkuliahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2sh.v8i1.2042
Dr. Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M., C. B. L. D. M. (2024). MENGASAH GENERASI Z. In C. G. L. Alfatah Kalijaga, S.T., M.T. (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Gabrille Lianti, I. K. (2023). Berdiri di Tengah Kerapuhan. BPK PENABUR. https://bpkpenabur.or.id/jakarta/smak-5-penabur/berita/berita-lainnya/berdiri-di-tengah-kerapuhan
Gomes. (2017). Diagnosis Dan Metode Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar Yang Berkesulitanbelajar Membaca Tahap Permulaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2).
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Kasali, R. (2018). Strawberry generation: mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh. In Mizan.
KBBI. (n.d.). generasi z. badan pengembangan dan pembinaan bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/generasi z
Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.
Khairani, M. K., Irmayana, I., Mawarpury, M., & Nisa, H. (2022). Nomophobia pada Generasi X, Y, Dan Z. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(1), 20–31. https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2565
Khoirunnida, F. L., & Yusuf, S. M. (2022). Penguatan Literasi Pembelajaran IPS dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(2), 131–141. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.5028
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244
Maharani, A., Rahmah, M., Anisha, R. F., & Ardi. (2023). Menyiapkan Generasi Z yang Berkarakter dan Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 53–59.
Mansur, A., & Ridwan, R. (2022). Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Educatio, 17(1), 120–130. https://doi.org/10.29408/edc.v17i1.5922
Merdeka, W. (2021). Pastikan Jumlah Perpustakaan, Perpusnas Lakukan Pendataan. Perpustakaan Nasional RI. https://perpusnas.go.id/berita/pastikan-jumlah-perpustakaan,-perpusnas-lakukan-pendataan
Mufida, S. (2023). INTELIGENSIA GENERASI STROBERI : MEWUJUDKAN SDGs BERPRINSIP AL-MUSLIMU Al-QAWIYYU. 3, 419–436.
Mustika Wanda, E. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035–1042. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078
Nabella Dananier. (2006). Learning self-determination: Lessons from the literature for work with children and youth with emotional and behavioral disabilities. 35(4), 327–337. https://doi.org/10.1007/s10566-006-9020-0
Nur, R. M., Niswaty, R., & Darwis, M. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106221
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3
Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282
PISA. (2018). PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) RESULT FROM PISA 2018.
PISA. (2022). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and Interpretations. In Oecd 2023.
Purba, A., & Kamaluddin, I. (2019). Urgensi Jihad Masa Kini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ijtihad, Volume 13(2), 131–145. https://doi.org/https://doi.org/10.21111/ijtihad.v13i1.3228
Putri, H. & B. (2013). Peranan Perpustakaan Dalam Proses Pendidikan: Berdasarkan Sudut Pandang Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Tenaga Perpustakaan, Dan Siswa Di Sma Negeri 1 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 331–339. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/2340-0934
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593
Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Kemendikbud. https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 161–167. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.222
Republik Indonesia, U. – U. R. I. N. 40 T. 2009 2009. (2009). UNDANG – UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2009 2009 TENTANG KEPEMUDAAN.
Sahril. (2018). Peran Perpustakaan dalam Menunjang Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Makassar. In Skripsi.
Siregar, A. P., Universitas Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Padangsidimpuan, A. A. (2023). TERAPI POLA ASUH ISLAMI DALAM MEMPERKUAT KARAKTER REMAJA STROBERI (Strawberry Generation) Aulia Putri Siregar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 47–62. https://doi.org/https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.130
Stevens, D. (2014). Critical Literacy through Initial Teacher Education in English. Changing English, Vol. 21, N(November), 37–41. https://doi.org/10.1080/1358684X.2013.875752
Syahdan, Ridwan, M. M., Amirullah, A. M., & Elihami. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 48–65. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/download/2083/658
Wandasari, Y., & Abang, K. S. N. 1 T. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER Yulisa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Wardani, A., Hayati, K., Suprayitno, D., & Hartanto, H. (2023). Gen Z dan Empat Pilar Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3995–4002. https://doi.org/DOI : http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.1962
we are social. (2024). DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.