KECENDERUNGAN LITERASI MEMBACA BUKU DI PERPUSTAKAAN PADA GENERASI Z

Annisa Fajrina, Asnan Purba

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui intensitas dan kualitas literasi Generasi Z serta ketertarikan mereka dalam membaca buku di perpustakaan, karena perputakaan sebagai media perkembangan ilmu pengetahuan, kini sudah mulai tidak menarik perhatian para generasi muda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan deskriptif yang dilakukan kepada 22 orang Generasi Z dan pustakawan Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan pengambilan data pengunjung yang di lakukan secara langsung di Perpustakaan Nasional RI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih banyak Generasi Z yang tertarik dengan membaca buku baik itu secara online atau buku fisik. Sebagaian mereka cenderung menyukai buku dengan kategori fiksi  dan teknologi memberikan perubahan yang sangat mempermudah Generasi Z untuk mengeksplore bahan bacaan. Ini menandakan bahwa semakin canggih teknologi maka semakin banyak informasi yang akan di terima masyarakat luas, kembali ciptakan para penulis hebat dan gemar membaca di negara Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Adhari, F. N., Hanipah, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Minat Literasi Baca Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 36–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3232

Adriyanto, A. R., Santosa, I., & Syarief, A. (2019). Memahami Perilaku Generasi Z Sebagai Dasar Pengembangan Materi Pembelajaran Daring. Jurnal Seminar Nasional: Seni, Teknologi Dan Masyarakat, 2(2013), 165–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33153/semhas.v2i0.116

Afdi, M. F. (2018). PERAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 47 JAKARTA. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anjarningsih, harwintha Y. (2021). “Disleksia-perkembangan” di indonesia: perspektif siswa dan guru. yayasan pustaka obor indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.

Binanusantara. (2023). MENGENAL GEN Z. Binus Higher Education. https://parent.binus.ac.id/2023/09/mengenal-gen-z/

BPS. (2020). JUMLAH PENDUDUK GENERASI Z. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0

Bustomi, Y., Gunadi, F. R., & Dewi, R. S. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA BUKU”: Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui Perwujudan Sekolah yang Berkarakter. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 196–206.

Dewi Rahayu, R. B. (2023). Strawberry generation: self reward pada mahasiswa antropologi unimed dalam mengatasi stres akibat tugas perkuliahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2sh.v8i1.2042

Dr. Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M., C. B. L. D. M. (2024). MENGASAH GENERASI Z. In C. G. L. Alfatah Kalijaga, S.T., M.T. (Ed.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). CV. EUREKA MEDIA AKSARA.

Gabrille Lianti, I. K. (2023). Berdiri di Tengah Kerapuhan. BPK PENABUR. https://bpkpenabur.or.id/jakarta/smak-5-penabur/berita/berita-lainnya/berdiri-di-tengah-kerapuhan

Gomes. (2017). Diagnosis Dan Metode Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar Yang Berkesulitanbelajar Membaca Tahap Permulaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2).

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Kasali, R. (2018). Strawberry generation: mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh. In Mizan.

KBBI. (n.d.). generasi z. badan pengembangan dan pembinaan bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/generasi z

Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.

Khairani, M. K., Irmayana, I., Mawarpury, M., & Nisa, H. (2022). Nomophobia pada Generasi X, Y, Dan Z. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(1), 20–31. https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2565

Khoirunnida, F. L., & Yusuf, S. M. (2022). Penguatan Literasi Pembelajaran IPS dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(2), 131–141. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.5028

Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244

Maharani, A., Rahmah, M., Anisha, R. F., & Ardi. (2023). Menyiapkan Generasi Z yang Berkarakter dan Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 53–59.

Mansur, A., & Ridwan, R. (2022). Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Educatio, 17(1), 120–130. https://doi.org/10.29408/edc.v17i1.5922

Merdeka, W. (2021). Pastikan Jumlah Perpustakaan, Perpusnas Lakukan Pendataan. Perpustakaan Nasional RI. https://perpusnas.go.id/berita/pastikan-jumlah-perpustakaan,-perpusnas-lakukan-pendataan

Mufida, S. (2023). INTELIGENSIA GENERASI STROBERI : MEWUJUDKAN SDGs BERPRINSIP AL-MUSLIMU Al-QAWIYYU. 3, 419–436.

Mustika Wanda, E. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035–1042. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078

Nabella Dananier. (2006). Learning self-determination: Lessons from the literature for work with children and youth with emotional and behavioral disabilities. 35(4), 327–337. https://doi.org/10.1007/s10566-006-9020-0

Nur, R. M., Niswaty, R., & Darwis, M. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106221

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3

Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi Indonesia Melalui Buku Elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282

PISA. (2018). PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) RESULT FROM PISA 2018.

PISA. (2022). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and Interpretations. In Oecd 2023.

Purba, A., & Kamaluddin, I. (2019). Urgensi Jihad Masa Kini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ijtihad, Volume 13(2), 131–145. https://doi.org/https://doi.org/10.21111/ijtihad.v13i1.3228

Putri, H. & B. (2013). Peranan Perpustakaan Dalam Proses Pendidikan: Berdasarkan Sudut Pandang Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Tenaga Perpustakaan, Dan Siswa Di Sma Negeri 1 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 331–339. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/2340-0934

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593

Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Kemendikbud. https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 161–167. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.222

Republik Indonesia, U. – U. R. I. N. 40 T. 2009 2009. (2009). UNDANG – UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2009 2009 TENTANG KEPEMUDAAN.

Sahril. (2018). Peran Perpustakaan dalam Menunjang Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Makassar. In Skripsi.

Siregar, A. P., Universitas Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Padangsidimpuan, A. A. (2023). TERAPI POLA ASUH ISLAMI DALAM MEMPERKUAT KARAKTER REMAJA STROBERI (Strawberry Generation) Aulia Putri Siregar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 47–62. https://doi.org/https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.130

Stevens, D. (2014). Critical Literacy through Initial Teacher Education in English. Changing English, Vol. 21, N(November), 37–41. https://doi.org/10.1080/1358684X.2013.875752

Syahdan, Ridwan, M. M., Amirullah, A. M., & Elihami. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 48–65. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/download/2083/658

Wandasari, Y., & Abang, K. S. N. 1 T. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER Yulisa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Wardani, A., Hayati, K., Suprayitno, D., & Hartanto, H. (2023). Gen Z dan Empat Pilar Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3995–4002. https://doi.org/DOI : http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.1962

we are social. (2024). DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.