UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII SMK NEGERI 6 SUKOHARJO

Dzikri Ridwanurrohaman, Hafidz Hafidz

Abstract


Dalam penelitian ini membahasa mengenai upaya guru pendidikan agama islam dalam  meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 6 Sukoharjo,metode yang  dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik yang digunakan dalam  pengumpulan data adalah dengan melakukan Observasi, Wawancara dan Dokumntasi.  Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Sukoharjo, ada beberapa upaya yang dilakukan  oleh Guru Pendidikan Agam Islam yaitu, Membangun komunikasi yang baik antara guru  dan siswa, Guru sebagai mendorong motivasi siswa, Menggunakan Motode  pembelajaran yang bervariasi, Media Handphone, pemanfaatan perpustakaan, didalam  penelitian ini juga menjelaskan mengenai faktor penghambat yaitu manejemen waktu  siswa yang kurang baik, kurangnya kesedaran akan pentingnya belajar. Adapun faktor  pendorong yaitu, Menjaga komunikasi yang baik antara guru dan siswa, materi yang  mudah dimengerti.

Full Text:

PDF

References


Achadah, M. (2020). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI. Al-Fikri : Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 45-36. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v3i2.15559

Addaraini, Inayah. (2023). Penerapan Metode Halaqah Sebagai Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Santriwati Kelaas X MA Al-Mukmin SURAKARTA. Jurnal Tarbiyah , 30(2), 279.

http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i2.3220

Ahyat. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1),25-26. DOI:10.30957/edusiana.v4i1.5

Ariyanti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan , 12(2), 120-121. DOI:10.30957/edusiana.v4i1.5

Ayatullah, J. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Sains, 420.

Bahasa, B. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia IV Daring. Jakarta: Kementrial Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. DOI : 10.30863/didaktika.v12i2.181

Creswell. (2019). REASEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kunatitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dafa, d. (2023). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI Kelas X IPS 1 SMAN 9 Bandung. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 62-63. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/646

Darmawanti, S. S. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JOURNAL OF GURUTTA EDUCATION (JGE), 82-83.

Eskha. (2018). Peranan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 262-263.

Hartati. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMPN 31 Bengkulu Tengah. GUAU : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 272-273. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Huda. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 39-40. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86

Kuswanto, A. M. (2022). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS RAUDATUL ULUM KARANGPLOSO. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(30), 293-303.

http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index,

Margijanto, P. (2017). Membina Hubungan yang Positif Antara Guru dan Siswa Di Masa Pandemi Di PKBM X, Bogor. senapenmas, 185-186. DOI:10.24912/psenapenmas.v0i0.14987

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung : Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Muhammedi, d. (2017). Psikologi Pendidikan . Medan : Larispa Indonesia.

Muslim. (2018). PEMAKNAAN MIN AL-DHULUMAT ILA AL-NUR DALAM USAHA TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISALAM. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 42-43. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2430

Nurjan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group .

Putra, d. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah : Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan ( JAIP), 18(1), 80-81. DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).6531

Satriani. (2018). Pembinaan Guru PAI dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 67-68.

Setiawati, M. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. JIT : jurnal ilmu tarbiyah, 83. DOI:10.26618/jtw.v3i01.1381

Suralaga. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.