THE INFLUENCE OF TOILET TRAINING ON THE INDEPENDENCE OF 5-6 YEAR OLD CHILDREN AT ERWITA EDUCARE CENTER

Fatma Gustina, Zainal Abidin, Nurliani Nurliani, Marzaniatun Marzaniatun, Rina Feriana

Abstract


This research was motivated by the low ability of children to do this toilet training, Toilet training provide a positive impact on child development. examples of the impact of learningtoilet training is to foster self-confidence in children, train and increase children's independence and enable children to discipline themselves. The type of research used is quantitative research, with the research design used is Quasi Experimental, namely Pretest-posttest Control Group.Based on the results of research conducted by researchers using normality, homogeneity and hypothesis tests, it can be concluded that tcount< ttable, until Ha is acceptedand H0 is rejected. The percentage in the banana group (experimental class) of the test results was 32.89% for the pre-test and 68.60% for the post-test. Meanwhile, in the mango group (control class) the results of the test were 32.14% pre-test percentage and 63.75% post-test. From these two data results, it can be concluded that toilet training has an effect on the independence of children aged 5-6 years at the Erwita Educare Center.


References


Ananda, Rizki. “Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017: Volume 1 Issue 1.

Ananda, Rusydi. Inovasi Pendidikan,. Medan: CV. Widya Puspita, 2016.

Andayani, Abdul Madjid dan Dian. Abdul Madjid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 20Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo, 2004.

Anggraini, Nurul. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Toilet Training TerhadapKemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muhajirin Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir”. Kearsipan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN SUSKA Riau

‘Adzim, Muhammad Fauzi & Sukiman. 2020. Fiqih Materi Thaharah (Bersuci) : Pendekatan Kontekstual. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Astuti, Wiji. “Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan,” Briliant.” Jurnal Riset dan Konseptual, 2017: Volume 2 Nomor 2.

Aziz, Abdul. “Implementasi Inovasi pada Model-model Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Serama Kementerian Kesehatan RI.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 2017: Volume 11 edisi 2 .

Azmi, Muhammad. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra-Sekolah. Yogyakarta: Venus Corporation, 2006.

Bukhari, Imam. “Kitab Shahih Buhari,Bab al-Jana’iz, bab ma qila aulad al-musyrikin.” Juz 5, 1296: 181.

Creswell, J.W. “Reseach design: Penerapan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuranr.” Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.

Freud,Sigmund.2016. Psikoanalisis Sigmund Freud. Terjemahan Bartens. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hernowo. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung: Grafindo, 2015.

Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2014.

Isbandi, Adi. Psikologi Pekerjaan social. Jakarta: Raja Grafindo, 2019.

Komariah, Kokom, dkk., 2018. Pengaruh Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun DI TKQ AL-HUDA Antapani Wetan Tahun Ajaran 2017-2018".Edu Child : Jurnal Ilmiah Pendidikan. 3(1)

Khoiruzzadi, Muhammad & Nur Fajriyah. 2019. "Pembelajaran Toilet Trainingdalam MelatihKemandirian Anak". JECED: Journal of Early Childhood Education and Development. 1(2)

Kebudayaan, Menteri Pendidikan dan. Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014.

Khadijah. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2015.

—. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Kholidah, Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refka Aditama, 2018.

Mendri Ni Ketut, dkk. 2019. Penggunaan Buku Saku Toilet Training dan PottyChair Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan Toilet Training Pada AnakToddler(1-3 Tahub)diPAUD. Yogyakarta:Husada Mandiri

Maisarah. Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti, 2018.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. medan: perdana publishing, 2015.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada Karya, 2010.

Mudhaffir. Teknologi Instruksional: Sebagai Landasan Perencanaan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 1999.

Mulyasa, E. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mushoffa, Aziz. Untaian Mutiara Buat Keluarga Bekal Bagi Keluarga dalam Menapaki Kehidupan. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2001.

Nasional, Menteri Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional, 2009.

Nicholl, Colin Rose dan Macolm J. Accelerated Learning for the 21st Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI). Bandung: Nuansa Cendekia, 2017.

Nurfaizah, Mhd.Habibu Rahman. “Inovasi pengembangan nilai-nilai agama Pada anak usia dini.” Qurroti, Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, 2020: Vol. II No.2Oktober .

Paramita,RatnaWijayatiDaniarParamita.dkk.2021.MetodePenelitian

Pebrian, Putri Hana. 2017. Analisa Pengguanaan Gadget terhadap KemampuanInteraksiSosialPadaAnakUsiaDini.JurnalObsesi:JurnalPendidikanAnak Usia Dini. 1(2)

Pohan, Sermal. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Membina Sumber Daya Manusia Berkarakter. Medan: Perdana Publishing, 2016.

sarlito, Sarwono. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Press, 1991.

Sarah, Intan. dkk., 2022. “ Konsep Thaharah Palam Penerapan Toilet TrainingPada Anak 3-4 Tahun Di TK Negeri Pembina Karawang”. Jurnal Wahana Karya Ilmiah.4(2)

Salpina,dkk.2019.“Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B di RA.Darul Fazri Desa Laut Dendang T.A2018/2019”. Jurnal AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak

Siregar, Syofyan.2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Surti, Mihta Febriany. 2020. “Implementasi Toilet Training pada Anak Usia 4-5Tahun di RA. Lia Namira Tembung Tahun Ajaran 2019/2020”, Kearsipan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Suryadi.2014.Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

senjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada media Group, 2006.

Shihab, M. Quraissh. Tafsir Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Silberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Terjemah Raisul Muttaqinsa. . Bandung : Nusa Media dan Nuansa, 2004.

Slavin. Educational Psicology. America: Allyn & bacon united stat, 2009.

Soenarjo. Al Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta, 2006.

Suyanto, Slamet. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat, 2005.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2010.

Ulya, Machya Afiya. “Penanaman Karakter Islami melalui Program Hafalan Takhasus di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang Tahun ajaran 2015/2016.” Skripsi, 2016: Universitas Islam Negeri Walosongo Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Usman, Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2018.

Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. Strategi belajara Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v31i1.3389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CURRENT INDEXING
 

 

Creative Commons License

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.