STRATEGY FOR INSTILLING BASIC RELIGIOUS HUMANIST VALUES IN EARLY CHILDHOOD AT RA AL-HIDAYAH SUNGGAL
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Akmal, N. (2016). “Pengembangan Instrumen Skrining Anak Cerdas Istimewa” Skripsi, Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/102316.
Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). “Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253.
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Sambira, S. (2020). “Peningkatan Keterampilan Guru PAUD dalam Menyusun Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Permata Bunda” SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 95-100. https://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/287.
Bermi, W. (2016). “Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi” Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 2(1), 1-18. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/allubab/article/view/1300.
Djamar, D., & Zain, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eva, N. (2016). “Karakteristik Kecerdasan Anak Cerdas Istimewa” Jurnal Sains Psikologi, 5(2), 20-24. http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/5982.
Fadlillah, M. (2019). “The Concept of Humanis-Religius Education in Early Age Children” Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, 4(1), 27-37. http://eprints.umpo.ac.id/5760/.
Hamidah, N. N. (2022). “Penguatan Humanisme Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Era Society 5.0” Gunung Djati Conference Series, 10(1), 96-104. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1062.
Hamzah, N. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Hendarwati, E., & Setiawan, A. (2019). “Implementasi Nilai Kejujuran pada Anak Usia Dini Melalui Media Ular Tangga” Motoric, 3(1), 26-39. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/884.
Hermawan, I. (2022). “Penguatan Literasi Beragama pada Mahasiswa Berbasis Pendekatan Student-Centered Learning dalam Pembelajaran PAI: Penelitian di Universitas Singaperbangsa Karawang” Tesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63591.
Herti, Y. D. (2019). “Nilai-nilai Pendidikan Humanis dalam Surat An-Nisa Ayat 63” Jurnal Kependidikan, 7(2), 157-165. https://ojs3.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3020.
Hibana, H., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2015). “Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 19-30. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/5922.
Holisah, H. (2022). “Implementasi Pendekatan Humanis dalam Meningkatkan Self Confident pada Kemampuan Literasi Siswa” Jurnal Basicedu, 6(1). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2135.
Islam, R., Ni’mah, M., & Fatimah, N. (2022). “Karakteristik Humanisme dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4781.
Ismoyoputro, R. L., Maemunah, E., Utami, R. E., & Rosita, E. (2022). “Desain Pembelajaran Literasi Humanistik dalam Menulis Komentar di Media Sosial: Sebuah Penelitian Pendahuluan” Sinar Bahtera, 123-134. http://sinarbahtera.kemdikbud.go.id/index.php/SB/article/view/231.
Kulsum, U. (2019). “Pembelajaran Kontruktivistik Berbasis Literasi Baru dalam Pendidikan Agama Islam” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 388-404. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/381.
Lestari, A. Y., Dau, Y. L. D., & Januru, L. (2021). “Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Anak Didik Terhadap Proses Aktualisasi Diri Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Santo Vincentius A Paulo Kupang” Selidik: Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan, 2(1), 20-32. http://www.ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/33.
Madjid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahrus, M., & Itqon, Z. (2020). “Implikasi Teori Humanistik dan Kecerdasan Ganda dalam Desain Pembelajaran PAI” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 75-91. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/506.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pamungkas, J., Syamsudin, A., Harun, H., & Sudaryanti, S. (2019). “Survei Pembelajaran Kearifan Lokal di Taman Kanak-Kanak se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1-20. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/2019.51-01.
Puspita, A. M. I., Saud, U. S., Damaianti, V. S., & Mulyati, Y. (2021). “The Effectiveness of the Ider-Ider Learning Model Based on Javanese Local Wisdom on Humanistic Literacy of Elementary School Students” Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 51-60. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/855.
Sari, D. N. (2022). “Penerapan Teori Humanistik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif (Active Learning) di SDIT Insan Kamil Kaur” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 81-86. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/686.
Setiyatna, H., & Melati, P. (2021). “Pola Asuh Anak Cerdas Istimewa dalam Islam” JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 41-46. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/1140.
Sit., M., et.al. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Suhendro, E., & Syaefudin, S. (2020). “Nilai-nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi” JEA: Jurnal Edukasi AUD, 6(1), 1-12. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/3430.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press.
Sutarmin, S., Zuchdi, D., & Suardiman, S. P. (2014). “Penanaman Nilai-nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan di TK Islam Terpadu” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2656.
Suyadi, S. (2016). “Perencanaan dan Asesmen Perkembangan pada Anak Usia Dini” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65-74. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/1251.
Tiyas, S. (2022). “Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran PAI di SMP PGRI Susukan Kabupaten Banjarnegara” Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. https://repository.uinsaizu.ac.id/15222/.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Westhisi, S. M. (2020). “Aku Istimewa, Aku Bisa”: Membaca Permulaan Bahasa Inggris Melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 81-94. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1720035&val=11301&title=Aku%20Istimewa%20Aku%20Bisa%20Membaca%20Permulaan%20Bahasa%20Inggris%20melalui%20Metode%20Fonik%20bagi%20Anak%20Speech%20Delay.
Yasin, M. (2021). “Konfigurasi Moderasi Keagamaan dari Bilik Pesantren: Refleksi dari Kota Kediri dan Yogyakarta” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 5(2), 95-110. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/346.
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). “Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/127.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i1.2610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.