Metode Proyek dan Pengaruhnya Terhadap Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kerjasama anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini berjenis quasy experimental design tipe non equivalent control group sehingga sampel yang diteliti yaitu 24 orang anak usia 5-6 tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura yang terdistribusi pada dua kelas. Kelas eksperimen menerapakn metode proyek dan kelas kontrol menerapkan metode demonstrasi (metode yang biasa digunakan di Al-Anshar Tanjung Pura). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan rubrik penilaian kerjasama. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) anak pada kelas eksperimen setelah menerapkan metode proyek mempunyai kriteria kerjasama berkembang sangat baik; (2) anak pada kelas kontrol setelah menerapkan metode demonstrasi seperti proses pembelajaran biasanya mempunyai kriteria kerjasama berkembang sesuai harapan; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode proyek tehadaap kerjasama anak usia 5-6 tahun di RA Al-Anshar Tanjung Pura.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi. (2012). Sosiologi Politik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dewi, N. W. E. P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan, 6(3).
Gucha, F. P. (2016). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B-1 di TK Al-Wafa’a Ombilin. IAIN Batusangkar.
Jaya, I. (2018). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Maisarah. (2019a). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.
Maisarah. (2019b). Statistik Pendidikan. Medan: Akasha Sakti.
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhalimah, V. (2012). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Perwanida 03 Mojo Adong Boyolali. Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori & Aplikasinya di Sekolah. In Depok: Kencana.
Rosyadi, A. A. P. (2018). Statistika Pendidikan. In Universitas Muhammadiyah Malang. Unimed Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.