Meningkatkan Kemampuan Menulis Dasar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi TK Islam Nasrullah
Abstract
Kemampuan menulis dasar anak belum berkembang secara optimal, kurangnya koordinasi otot-otot kecil anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dasar melalui metode demonstrasi di kelas BI TK Islam Nasrullah. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelas BI TK Islam Nasrullah yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan menulis dasar dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan mororik kasar anak mencapai 76-100 % dengan kriterian Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian kemampuan menulis dasar Pra Tindakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 0 %. Hasil penelitian kemampuan menulis dasar melalui metode bermain peran pada siklus I dengan nilai rata-rata persentase sebesar 53,33%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis dasar anak tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil siklus II pencapaian kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan nilai rata-rata sebesar 80%. Berdasarkan hasil peningkatan ini diperoleh dari upaya peningkatan kemampuan menulis dasar anak melalui metode demonstrasi dalam kegiatan menulis.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran. jakarta: kencana.
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widiya.
Danar Santi. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Martini jamaris. (2006). Perkembangan dan pengembangan AUD. Jakarta: PT Grasindo.
Muhammad Fadillah, Latif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Moeslichatoen. (2004). Metode pengajarn ditaman kanak-kanak. jakarta: Rineka Cipta.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyadi,Maulidya Ulfah. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: kencana.
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.