Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqro Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyah di TK A Masjid Nurul Muslimin

Sapri Sapri, Nella Resti Rustina Tanjung, Arlina Arlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kemampuan membaca Iqro sebelum menggunakan media kartu huruf hijaiyah, (2) penerapan media kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro (3) kemampuan meembaca Iqro anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan media kartu huruf hijaiyah, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Adapun yang terjadi subjek penelitian ini adalah kelompok B TK A Masjid Nurul Muslimin yang berjumlah 12 orang anak. Hasil penelitian dan penilaian pada PTK ini bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca Iqro melalui media kartu huruf hijaiyah yang telah dirancang di kelompok B di TK A Mesjd Nurul Muslimin yaitu: sebelum diadakan tindakan atau pada pra siklus kemampuan membaca Iqro dengan media kartu huruf hijaiyah belum berkembang sebesar 75% mulai berkembang 25%. Pada siklus I dinyataka mulai berkembang sebesar 75% berkembang sesuai harapan sebesar 25%. Pada siklus II meningkat kemampuan membaca dinyatakan berkembang sesuai harapan sebesar 33,3% berkembang sangat baik sebesar 66,7%.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2010. Flash Card Iqro. Raudhatul Muhibbin.

Arikunto. VPenelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. 2012. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Hazin, N. K. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Super Baru Untuk Sd Smp Smu Dan Umum. Surabaya: Terbit Terang.

Humam, A. 2000. Buku Iqro’ Cara cepat Belajar Membaca Al-Qur’an Jilid 1-6. Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan LPTQ Team Tadarus AMM.

Khadijah. 2015. Media pembelajaran anak usia dini . Medan : Perdana Publishing.

_______. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

_______. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publisher.

Khasnati. 2011. Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Anak Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Siswa Kelas 1 MI Al-Ikhsan Sutopati 3 Kecamatan Khajoran Kabupaten Magelang. Jurnal Skripsi .

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Medan: Akasha Sakti.

Miles, M. H. 2014. Qualittaive Data Analysis, A Metods Source, Edition 3 USA: sage Publications. Terjemah Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.

PP, R. I. 2007. Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Paragraf 2 Pendidikan Diniyah Nonformal Pasal 24.

RI, D. A. 2011. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Bintang Indonesia.

Syairuddin. 2010. Kamus Al Azhar Persi Arab Indonesia. Jombang: Lintas Media.

Yulis, R. 2012. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.