Pemerolehan Kelas Kata Nomina Dan Verba Pada Anak Usia 3 Tahun di PAUD Az Zahra Jambi

Julisah Izar, Neldi Harianto, Bella Cintya, Fariza Anggelina, Meisinta Ayu Teresia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan kelas kata nomina dan verba, kemudian untuk mengetahui kelas kata apa yang paling dominan, serta faktor yang mempengaruhi pemerolehan kelas kata Nomina dan Verba pada anak usia tiga tahun di PAUD Az Zahra Jambi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan kelas kata nomina dan verba pada anak usia 3 tahuan di PAUD Az Zahra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan simak libat cakap (SLC) yang dilakukan secara langsung, kemudian data dianalisis dengan cara menyeleksi data yang didapat sesuai data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak A2 lebih banyak menguasai kelas kata nomina dibandingkan anak A1 sedangkan untuk kelas kata verba kedua anak sebanding dalam menguasainya. Kelas kata yang paliang dominan yang diperoleh oleh kedua anak tersebut adalah kelas kata nomina dan faktor yang mempengaruhinya adalah faktor interaksi.

Full Text:

PDF

References


Ayuba, Hasan. 2009. Pemerolehan Fonologi dan Sintaksis (Sebuah Studi Kasus Pada Anak Usia 2 Tahun), Jurnal . IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Bruner, Jerome, S. 2007. Discovery Learning at Learning Theories. New York: Norton.

Chaer, A. 2011. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia.Jakarta: Grasindo

Firdha Maharany, Andi. 2016. Gejala Fonologi Bahasa Indonesia pada Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Permata Hati Kota Kendari, Jurnal. Bahasa dan Sastra, 2503-3875.

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk.(Terjemahan Drs. Alexander Sindoro). Batam Centre: Interaksara.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa.Flores: Nusa Indah

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mushaitir. 2016. Pemerolehan Sintaksis (B1) Bahasa Sasak pada Anak Usia 4-6 Tahun di Lombok Timur Melayu melalui Permainan Tradisional, Jurnal. Bahasa dan Sastra, 3342.

Nuraeni, Lenny. 2015. Pemerolehan Morfologi (Verba) pada Anak Usia 3,4 dan 5 Tahun (suatu kajian Neuro Psikolinguistik), Jurnal. STKIP Siliwangi Bandung, 13-30. .

Rani Fatmawati, Suci. 2015. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik, Jurnal. IAIN Samarinda.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.