Pengaruh Permainan Ekspresi Terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini
Abstract
Kecerdasan sosial emosional anak usia dini penting karena berperan dalam pembentukan karakter, kemampuan beradaptasi, dan hubungan sosial yang sehat. Namun, hasil observasi awal menunjukkan masih banyak anak yang kesulitan mengenali dan mengekspresikan emosi akibat keterbatasan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan papan ekspresi terhadap kecerdasan sosial emosional anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok B di RA Al Faiz, sedangkan objek penelitian adalah kecerdasan sosial emosional. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dengan indikator mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi. Analisis data dilakukan dengan uji t sampel berpasangan melalui SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata skor pre-test 9,4 menjadi 22,1 pada post-test. Dengan demikian, permainan papan ekspresi direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi kecerdasan sosial emosional anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Absorbent Mind, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v4i1.5358
Dewi, N. N. D. P. T. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 362–369.
Karisma, W. T., & Dkk. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102.
Khadijah, Zahrani., & D. (2022). P. E. A. U. D., & Dkk. (2022). Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.
Khadijah, A. (2017). Bermain dan permainan anak asia dini. In Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).
Maksum, I. (2020). KONSEP KECERDASAN MENURUT AL-QUR’AN. AL-IFKAR, XIV(02).
Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 36–45. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285
Naimah, K. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Makan Bersama di Sekolah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 63–85.
Nidika. (2016). Pencegahan Primer Pendekatan Edukatif Untuk Meningkatkan Pembelajaran Sosial Dan Emosional. Jurnal Kesehatan Sekolah, 70 (5).
Nurhadi, R., Trisnawati, M., Faujiyah, N. W., Rahmawati, E., & Khomaeny, E. F. F. (2020). Melatih Sikap Sabar Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 66–72. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.240
Putri Mukhlisa, Sindi Yohenda, Ulfa Yanti, & Linda Yarni. (2023). Kecerdasan Emosional/Emotional Intelligence (EQ). Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(1), 115–127. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.656
Ramadhani, D. A., Risnawati;, & Hamdani, M. F. (2025). Uji T-Student Dua Sampel Saling Berpasangan/Dependent (Paired Sample t-Test). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia Volume, 4, 568–576. https://jpion.org/index.php/jpi568Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Ratminingsih, N. M. (2020). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 31–40.
Rizqa, A. R. (2023). Pengaruh Permainan Terhadap Kemampuan Mengenal Ekspresi Emosi Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Ceria Adhyaksa Kota Makassar. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(1), 70–82. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i1.4415
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Wahyuningsih, Y. (2014). Mengoptimalkan Perkembangan SOsioemosional Anak Usia Dii Melalui Media Wayang. EduHumaniora, 6(1), 8–13.
Zulqaidah, Z., Hasriyati Harahap, Nurroyian, Rama Satya Tanjung, Dian Pratiwi Br. Marpaung, & Aswaruddin. (2025). Kecerdasan Emosional dalam Komunikasi Interpersonal. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 208–219. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2482
Zwagery, R. V., Psikologi, P., Kedokteran, F., & Mangkurat, U. L. (2006). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Alitta Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. 8(April).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i2.4720
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Raudhah

