PENGARUH PERMAINAN EKSPRESI (EXPRESSION BOARD) TERHADAP KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Abstract
Kecerdasan sosial emosional terhadap anak usia dini sangat penting pada, karena mereka akan menemukan kebahagiaan pada dirinya ketika memiliki kecerdasan sosial emosional yang baik. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pengaruh permainan papan ekspresi terhadap kecerdasan sosial emosional pada anak, dan juga Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen pre-test dan post-test. Dengan menggunakan uji analisis uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata perkembangan kecerdasan sosial emosional mereka sebelum dan sudahnya setelah dilakukan perlakuan yaitu 7,9 berubah 23,2 . Sudah jelas dari penelitian permainan papan ekspresi ini dapat berpengaruh terhadap kecerdasan sosial emosionalnya anak.
Kata kunci: Permainan Ekspresi, Kecerdasan Sosial Emosional, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Aldi Maulana dkk, Bermain Ludi King Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood. Vol. 2. No.2. November 2018.
Atin Risnawati, Pengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal iailm waladuna. Tahun 2020.
Buku Perkembangan Emosi Anak Usia Dini, karangan Dr. Khadijah, M.Ag., dan Nurul Zahriani JF, M.pd., terbitan pertama, edisi pertama, Januari 2022.
Daniel Goleman, Emotional intelligence, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Tahun 2015.
Goleman, (2015). Perkembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) oleh Daniel Goleman. Jurnal: Al Fitrah Pendidikan Anak Usia Dini Islam. Vol. 1, No. 2.
Karisma, Winda T., dkk. "Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi pada Anak Usia Dini." Paudia, vol. 9, no. 1, Juli 2020.
Kecerdasa emosional, Daniel goleman, peneribit PT Gramedia pustaka jl. Palmerah barat, Jakarta hlm 25 oktober 1996.
Khadijah & Armanila, (2017) Permainan dan Permainan pada Anak Usia Dini. Penerbitan Medan Perdana.
Masganti Sit, M.Ag.,Psikologi Perkembangan Anak: Usia Mandiri, 2015 (Perdana Publishing, Medan Wayang). Jil. 6, No.1, Januari 2014.
M. Mustopa, Kecerdasan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Tahun 2023.
Nidika, (2016) Pencegahan primer. Pendekatan edukatif untuk meningkatkan pembelajaran sosial dan emosional. Jurnal Kesehatan Sekolah, 70 (5). hlm. 190-186.
Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi, Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No.3, July 2020.
Nurjanah Viska. (2019). Pengaruh Penerapan Bermain Tebak Ekspresi Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ummi Erni Percut Kota Medan. Tahun 2019. Unpublished.
Risma Chintya & Masganti Sit, Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psychology and Child Development. Vol. 4. No. 1. Juni 2024.
Rika Sa'diyah, Urgensi Kecerdasan Emosional Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4. No. 1. Tahun 2013.
Robbiyah dkk, Pengaruh Pola Asuh terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 2. No. 1. Tahun 2018.
Sitorus Syukri Ahmad, (2023). Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial dan Emosional pada Anak: Sebuah Studi Korelasional dan Stimulasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 11. Edisi No. 1.
Syahreni Yenti, (2021) Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ihya Ulum, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2. No. 1.
Wayuningsih, Yona, "Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional AUD Menggunakan Media Wayang." Eduhumaniora, vol. 6, no. 1, Januari 2014.
Zahro, 1 F (2019) Pengaruh Pelatihan Empati Melalui Kartu Ekspresi Emosional terhadap Perilaku Menolong dan Agresif pada Anak Usia Prasekolah. JCE (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1).
Zwagery, RV (2006). Permainan Tebak Aku untuk Menstimulasi Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Trunojoyo - Early Childhood, Jurnal PG unajoyo: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini pgpaudtrunojoyo v8/0.21107https://doi.org/165-il. 100618(1), 59.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i2.4720
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.