Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Kognitif Sains Anak

Maisarah Maisarah, Cyndi Prasetya, Cut Kumala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk mendukung pengembangan kognitif sains anak usia dini. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi terhadap 20 guru PAUD di lima lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik terkait konten dan strategi pedagogik, namun masih rendah dalam penguasaan teknologi dan integrasi ketiganya. Temuan ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis TPACK sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kognitif sains anak, (2) beberapa kebutuhan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis TPACK pada kognitif sains anak, yaitu: pelatihan teknologi dasar yang aplikatif, pelatihan untuk merancang pembelajaran sains yang eksploratif, workshop mengenai penerapan pembelajaran kontekstual, dan panduan desain media berbasis TPACK maupun contoh praktis yang dapat diterapkan di kelas. Selain itu, penelitian ini juga mendukung penerapan pendekatan deep learning dalam meningkatkan perkembangan kognitif sains anak.

Full Text:

PDF

References


BPMP-Aceh. (2024). Fasilitasi Digitalisasi Sekolah dengan Pemanfaatan Chromebook. (Online at: https://bpmpaceh.kemdikbud.go.id/fasilitasi-digitalisasi-sekolah-dengan-pemanfaatan-chromebook/, diakses pada tanggal 3 Januari 2025).

Fullan, M., Quinn, J., McEachen, J. (2017). Deep Learning: Engage the World Change the World. Thousand Oaks: Corwin Press.

Ismail, M., Zubair, M., Alqadri, B. & Basariah, 2022. Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2442–2447.

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82.

Koehler, M. J., Mishra, P. & Cain, W., 2017. What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 154-168.

Maisarah., Prasetya, C., Lailissa’adah., Nazwa, F., & Ain, I.N. (2024). The SIAR Book (Interactive Science with Augmented Reality) for Enhancing Science Process Skills of Students in Indonesia. Mimbar Sekolah Dasar, 11 (4), 659-676.

Niess, M. L. (2011). Investigating TPACK: Knowledge Growth in Teaching with Technology. Journal of Educational Computing Research, 44(3), 299–317.

Nurazizah, Mulyadi, S., & Sianturi, R. (2023). Kemampuan Komunikasi pada Anak dengan Indikasi Keterlambatan Perkembangan Kognitif Usia 5-6 Tahun di RA Az-Zahra. Jurnal PAUD Agapedia, 7 (1), 71-80.

Oktaviana, C. & Dewi, N. R., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CUPS Berbasis TPACK terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Digital. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 36-47.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Pepilina, D., Puspitasari, T., Aliyah, H., & Rinnanik. (2024). Analisis Progres Kognitif Anak-Anak di Sekolah Dasar dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran. Sasana: Jurnal Pendidikan Sosial Budaya Dan Agama, 1(1), 23-36.

Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sufyadi, S., Lambas., Rosdiana, T., et al. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbudristek.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.