Asesmen Perkembangan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Kamus Bergambar Siswa 4-5 Tahun di RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon

Ardhiny Ardhiny, Fauzi Fauzi

Abstract


Penguasaan kosakata bahasa Inggris merupakan salah satu aspek fundamental dalam mempelajari bahasa tersebut. Melalui penggunaan kamus bergambar siswa RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon diharapkan mampu meningkatkan kosakata Bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan metode penilaian tindakan kelas meggunakan model Kurt Lewin. Jenis assessment yang digunakan yatu assessment fomatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan kamus bergambar. Hal tersebut ditunjukan dari nilai Assasment formatif yang diperoleh setelah menggunakan kamus bergambar terjadi kenaikan yang sigifikan. Implementasi menggunakan media kamus bergambar juga menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Keberhasilan ini disebabkan oleh penggunaan gambar yang membantu siswa memahami kosakata dalam konteks yang bermakna serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Dampak dari penelitian ini tidak hanya terbatas pada peningkatan penguasaan kosakata, tetapi juga dalam pengembangan media pembelajaran inovatif. Kamus bergambar yang disusun dapat menjadi referensi bagi sekolah lain dan metode yang digunakan dapat menjadi inspirasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris dan bidang lainnya


Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. C. N. (2020). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Murid Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok B Di Tk Suci Castellia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–6.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Budiharto, R. A., Amalia, L., & Fujiono, F. (2019). Pemanfaatan Visual Literacy melalui Gambar untuk Memotivasi Siswa Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 129–136. https://doi.org/10.30653/002.201942.125

Collen, I. (2023). Language teaching in primary and secondary schools in England. https://nireland.britishcouncil.org/programmes/education/language-trends-

Danielson, K., Wong, K. M., & Neuman, S. B. (2019). Vocabulary in educational media for preschoolers: a content analysis of word selection and screen-based pedagogical supports. Journal of Children and Media, 13(3), 345–362. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1585892

DJUANG, P. (2019). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.2 Sma Negeri 1 Maginti Tahun Pelajaran 2018/2019. Gema Pendidikan, 26(2), 45. https://doi.org/10.36709/gapend.v26i2.8179

Evianti, E., & Rissa, A. A. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 2714–4107.

Hariri Dwi RSG. (2023). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Anak Didik Usia 4-5 Tahun. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.918

Hasibuan, H. B., Nasution, Z., & Zannah, M. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam. Jurnal Raudhah, 9(1), 51–59. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Kartu Bergambar. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 82–90. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.53206

Kurniawati, N., & Rachmi, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri di TK Mentari Cipondoh. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 65. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.552

Mahendra, I. W. E. (2019). Prosiding Senama PGRI Volume 1 Tahun 2019. Adaptasi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0, 1(87), 12–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.3445622

Mamu, R., & Husain, N. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata (Rahmawati Mamu, dkk.) | 77 Nanggroe. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(1), 77–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.11120513

Mar’ah Daulay, S., & Pransiska, R. (2022). Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 79–87. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.719

Mayangsari, M., & Yusuf, M. (2016). Assessment of Starters Writing: Case Study on First Grade Deaf Students At State Elementary School for Exceptional Children …. European Journal of Special Education …, 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.201259

Meidipa, L. F., Harahap, N., & Syahfitri, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran Vocabulary Bahasa Inggris Di Institut Teknologi Dan Kesehatan Sumatera Utara Kota Padangsidimpuan 1. Kalandra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–42. https://www.jurnal.radisi.or.id/index.php/JurnalKALANDRA/article/view/112

Mulyanti, E., & Sya, M. F. (2023). Pemerolehan kosakata bahasa Inggris dengan media kartu bergambar di sekolah dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 504–509.

Nurhasanah, N., & Putra, S. (2023). Mother Figure in Children’s Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7073–7078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5467

Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466

Pebrianti, L. (2023). Pengaruh Permainan What’s Missing terhadap Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 11(3), 1–8. https://doi.org/10.32534/jjb.v11i3.4890

Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91–105. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.

Rahayu, R., Rianty, I., & Yennizar. (2023). Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.70

Samsiar, Hartati, & La Jeti. (2024). Stimulasi Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa, Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 84–96. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15357

Santoso, D. A. A., Muniroh, Z., & Akmaliah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.2827

Saufi, M., Wahyuningsih, R., & Bahari, J. I. (2022). Efektivitas Ape Kartu Kata Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Miftahul Huda Cemoro. Islamic EduKids, 4(2), 74–87. https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.5545

Selian, S. N. (2023). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. October, 37. https://www.researchgate.net/publication/377781770

Shofiyah, N., & Sartika, S. B. (2018). Buku Ajar Asesmen Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2).

Sinaga, D. (2024). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas . In Ptk.

Susilo, N. H., Reffiane, F., & Karsono, K. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 483–491. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36169




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.